Kukar Bangun Bandara dan Smart City Rp 1 Triliun tanpa APBD

Written By Unknown on Kamis, 26 Maret 2015 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari mengatakan nilai investasi Bandara Khusus Loa Kulu dan pembangunan Smart City (Kota Pintar) di wilayahnya mencapai Rp 1 triliun. Smart City yang mengadopsi Fujisawa Sustainable Smart Town di Jepang akan dibangun oleh konsorsium Panasonic yang beranggotakan 17 perusahaan.

"Izin terkait navigasi sudah ditandatangani, tinggal izin membangun," kata Rita, Rabu (25/3/2015).

Kemarin, Rita langsung menghubungi Dirjen Perhubungan Udara. "Tidak ada masalah, sekarang hanya mempersiapkan beberapa dokumen untuk izin membangun dan segera groundbreaking (peletakan batu pertama)," ucap Rita membantah pernyataan kalau izin bandara tidak disetujui Menhub.

Beberapa tahapan izin sudah disetujui pusat, mulai Feasibility Study (Studi Kelayakan), Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP), survei topografi dan Rencana Induk Bandara (RIB). Bahkan, pengurusan izin dilakukan sejak setahun lalu. (BACA: Tim Teknis Kemenhub Teliti Lokasi Bandara di Kukar)

Menurutnya, pembangunan bandara itu penting sebagai pelengkap Smart City. Pemerintah pusat, kata Rita, sangat mendukung pembangunan bandara ini.

"Karena ini memang kebutuhan daerah. Bandara ini dibangun tidak memakai APBN dan APBD. Dibuat untuk kepentingan Smart City. Tapi jika nanti demand (permintaan) tinggi, maka bisa menjadi komersil juga," kata bupati perempuan pertama di Pulau Kalimantan itu.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kukar, Bambang Arwanto mengatakan pembangunan bandara khusus terus berlanjut dengan investor PT Nusa Energindo Persada sebagai leading company.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kukar Bangun Bandara dan Smart City Rp 1 Triliun tanpa APBD

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/03/kukar-bangun-bandara-dan-smart-city-rp.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kukar Bangun Bandara dan Smart City Rp 1 Triliun tanpa APBD

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kukar Bangun Bandara dan Smart City Rp 1 Triliun tanpa APBD

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger