Lelang Aset Pemkot Samarinda Tahun Lalu Tembus Rp 1 Miliar

Written By Unknown on Sabtu, 21 Februari 2015 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Samarinda meminta seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengusulkan aset yang sudah tidak bisa dipakai lagi agar dapat dilelang.

Pantauan TRIBUNKALTIM.CO, sejumlah kendaraan plat merah terparkir rapi diparkiran Setkot Samarinda. Kondisi kendaraan tersebut terlihat berkarat dan ada pula kendaraan yang kaca depannya telah pecah. Selain itu, sejumlah bangku, meja, lemari dan perlengkapan kantor lainnya terlihat menumpuk di samping kantor Humas dan Protokol Setkot Samarinda.

Sejumlah pegawai staf Setkot Samarinda mengatakan, kendaraan maupun perlengkapan kantor yang berada di sekitar kantor walikota itu sudah ada sejak lama. Bahkan menurutnya sudah bertahun-tahun terparkir dan tidak dipergunakan. (BACA: 295 Mobil Dinas Pemprov Kaltim jadi Peserta Apel Aset)

Mengetahui hal ini, Kepala Bidang Aset BPKAD, Prayitno, mengimbau kepada seluruh SKPD untuk segera melakukan inventarisasi aset yang sudah tidak terpakai maupun rusak, agar dapat segera mengusulkan aset itu untuk dihapuskan.

"Segera daftarkan aset yang sudah tidak layak digunakan ke BPKAD, yang nantinya akan kami usulkan ke kepala daerah untuk dilakukan penghapusan," jelasnya. (BACA: Bupati Yusran Minta Polisi Militer Ikut Jaga Ruang Lelang)

Kendati demikian, tidak serta merta SKPD dapat mengusulkan penghapusan aset, karena sesuai dengan aturan yang berlaku, aset dapat diusulkan untuk dihapuskan jika telah berumur lima tahun ke atas dan tidak mengganggu aktivitas operasional.

Setelah itu, aset tersebut akan dilelang yang hasilnya akan masuk ke kas dearah. Aset yang akan dilelang terlebih dahulu dinilai oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), kemudian DJKN akan mengeluarkan limit penilaian.

Tahun lalu Pemkot Samarinda berhasil mendapatkan Rp 1 miliar lebih dari hasil lelang aset, sebanyak 25 kendaraan berhasil dijual pada lelang tersebut. Prayitno menjamin jika seluruh berkas dan surat kelengkapan kendaraan operasional maupun mobil dinas di lingkungan Pemkot Samarinda lengkap dan tersimpan aman di BPKAD.

"Setiap pembelian kendaraan baru, pasti BPKB maupun berkas lainnya disimpan di BPKAD. Jadi terfokus di sini, bukan berada di masing-masing SKPD," paparnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Lelang Aset Pemkot Samarinda Tahun Lalu Tembus Rp 1 Miliar

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/02/lelang-aset-pemkot-samarinda-tahun-lalu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lelang Aset Pemkot Samarinda Tahun Lalu Tembus Rp 1 Miliar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lelang Aset Pemkot Samarinda Tahun Lalu Tembus Rp 1 Miliar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger