Ada Kangguru Lompat-lompat di Lapangan Merdeka

Written By Unknown on Minggu, 04 Januari 2015 | 12.16

Laporan wartawan TRIBUN KALTIM, Ahmad Sidik

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Melompat-lompat seperti Kanguru, itulah yang terlihat di lapangan Merdeka,  Jl. Jend Sudirman Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur, Minggu (04/01/2015) pukul 08.45 Wita. Mereka yang melompat-lompat adalah Komunitas Sky Jumper Balikpapan yang berkumpul di Lapangan Merdeka setiap Minggu pagi.

Dudai, satu diantaranya mengaku sudah bermain sky jumper sejak setahun lalu. Selain untuk melatih keseimbangan dan memperkuat otot kaki, olah raga ekstrim ini memiliki kesenangan saat berdiri lebih tinggi dibanding orang lain. 

Alat sky runner berbentuk besi melengkung dengan pijakan kaki ditengahnya. besi melengkung ini merupakan per elastis yang berfungsi untuk melompat. Alat sky runner memiliki ukuran masing -masing sesuai berat badan pengguna. Eko, ketua komunitas Sky Jumper Balikpapan menerangkan untuk menggunakan sky  jumper harus disesuaikan dengan berat badan.

Misalnya untuk berat badan 60 kilogram disarankan untuk menggunakan alat sky runner dengan ukuran tumpuan 65 - 70 kilogram beban badan. hal ini dimaksudkan agar alat lebih maksimal saat digunakan melompat. satu alat sky jumper beratnya mencapai empat kilogram, setiap melompat Eko dan kawan-kawan membawa berat alat sky jumper sekitar delapan kilogram.

Eko mengungkapkan Balikpapan sendiri memiliki anggota Sky jumper sekitar sepuluh orang dan biasa berkumpul pada hari minggu. Alat -alat yang mereka gunakan untuk melompat didapat dari Bandung dan Jakarta. Harga alat sky runner berkisar Rp 3.000.000 keatas tergantung dari bahan, jenis dan juga ukuran berat badan pengguna. jika bahannya dari Titanium harganya mencapai Rp 5.000.000.

Menurut sejarahnya sky jumper digunakan oleh militer Jerman untuk melatih keseimbangan dan melatih kekuatan otot kaki, nemun seiring berkembangnya tehnologi sky jumper digunakan sebagai alat olah raga.

Dudai mengatakan, untuk berdiri menjaga keseimbangan saat menggunakan sky jumper tidak memerlukan waktu yang lama, bahkan ada anggota wanita yang sudah mahir melompat dalam jangka waktu latihan seminggu. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ada Kangguru Lompat-lompat di Lapangan Merdeka

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/01/ada-kangguru-lompat-lompat-di-lapangan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ada Kangguru Lompat-lompat di Lapangan Merdeka

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ada Kangguru Lompat-lompat di Lapangan Merdeka

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger