Pilih Olahraga Sesuai Golongan Darah

Written By Unknown on Kamis, 11 Desember 2014 | 12.17

TRIBUN KALTIM, CO - Berolahraga sudah seharusnya menjadi bagian dari keseharian seluruh manusia di dunia ini. Tapi ternyata, dari sekian jenis cabang olahraga yang ditekuni banyak orang, tak semua mengetahui bahwa jenis olahraga yang tepat bisa ditentukan dari golongan darah seseorang. Artinya, olahrga yang dilakukan bisa disesuaikan dengan DNA seseorang.

Baru-baru ini, tren olahraga sesuai golongan darah atau yang akrab dikenal dengan The Blood Type Workout mulai ramai dibicarakan banyak orang. Program olahraga ini menjanjikan hasil yang cepat dan tahan lama karena telah melaui serangkaian penelitian sesuai golongan darah seseorang.

"Golongan darah adalah jejak genetis yang sangat kuat. Dan ternyata ada hubungan dan reaksi kimia antara makanan yang Anda kosumsi, jenis olahraga, dan golongan darah," ungkap Joseph Christiano, seorang dokter ahli yang juga penulis buku Blood Types, Body Types, and You.

Lantas, bagaimana menentukan jenis olahraga sesuai golongan darah yang tepat? Berikut paparan dari Joseph Christiano:

Golongan Darah O

Kebiasaan mereka yang bergolongan darah O hampir mirip dengan manusia gua zaman dahulu yang menghabiskan waktu mereka memburu makanan dan membela diri dari predator. Karena itu, olahraga yang tepat adalah olahraga yang membutuhkan tenaga dan bersifat atletis. Rutinlah berolahraga yang intens seperti berlari dan plyometrik. Bagi mereka yang bergolongan darah O, olahraga digunakan sebagai media untuk berekspresi, lebih dari golongan darah lain. Olahraga dapat mengatasi stres dan membangkitkan mood .

Golongan Darah A

DNA mereka yang bergolongan darah A menyerupai DNA petani kuno. Walaupun mereka aktif, tapi kebanyakan kegiatan dilakukan dengan tempo yang lambat, seperti halnya saat petani menanam padi di sawah. Karena itu, jenis olahraga yang tepat adalah olahraga yang mengutamakan ketenangan untuk membantu seseorang bisa fokus dan memperkuat otot. Olahraga yang pas adalah yoga, pilates, tai chi atau olahraga isometrik.

Golongan Darah B

Nenek moyang pemilik golongan darah B adalah kaum nomaden yang sering berpindah-pindah tempat. Saat berpindah, mereka juga melakukannya dalam formasi berkelompok. Mengikuti kebiasaan tersebut, seseorang yang memiliki golongan darah B akan menikmati olahraga cardio secara berkelompok dengan efek terpusat di bagian bawah tubuh, seperti tennis atau bersepeda.

Golongan Darah AB

Seperti mobil canggih, golongan darah AB bak mobil hybrid , yang adalah percampuran dari elemen golongan darah A dan B. Pemilik golongan darah AB cenderung memiliki kebiasaan cedera yang tinggi, terutama di otot dan sendi. Karena itu disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan, hiking , golf atau bahkan menari. Tapi di lain pihak, pemilik golongan darah AB juga kerap bermasalah dengan sisi emosional mereka. Karena itu ada baiknya didukung dengan olahraga yoga atau tai chi untuk melenturkan sendi dan menjaga mood tetap baik.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pilih Olahraga Sesuai Golongan Darah

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/12/pilih-olahraga-sesuai-golongan-darah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pilih Olahraga Sesuai Golongan Darah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pilih Olahraga Sesuai Golongan Darah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger