Tim Garuda Sweeping Panci, Kompor, dan Rice Cooker

Written By Unknown on Kamis, 09 Oktober 2014 | 12.16

MAKKAH, tribunkaltim.co.id - Meski sudah disosialisasikan sejak di pemondokan Mekah, ratusan jamaah haji asal Kloter 1 Embarkasi Padang masih saja membawa barang-barang yang dilarang dalam penerbangan. Tim Garuda yang terdiri dari 10 orang mensweeping bawaan jemaah. Ada penggorengan mini, panci, kompor sampai rice cooker.

Dari pantauan, jemaah yang masuk ke Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pukul 02.00 WAS, Rabu 9 Oktober 2014, masih banyak yang menenteng lebih dari satu tas. 

Ada yang membawa dua tas, ada pula membawa kantong plastik berisi baju ihram atau makanan. Ada juga yang tidak kehilangan akal, sejak awal sudah melekatkan kain ihramnya di atas tas tentengan, sehingga kain dan tas menyatu.

Sejak pukul 03.00 WAS, Supervisor Garuda Indonesia Airlines Agus Salim, sudah mengingatkan jemaah agar memilah-milah barang bawaannya agar tidak menyulitkan mereka sendiri. Sebab jika nekat membawa barang bawaan yang membahayakan, pihak imigrasi bandara tidak akan menolerir.

"Demi lancarnya proses keberangkatan, sebagaimana yang telah disosialisasikan di embarkasi, Garuda hanya mengangkut tas koli jinjing warna biru, selebihnya kami akan sweeping," kata Agus Salim.
Apabila ada barang yang dianggap membahayakan dan dilarang dalam penerbangan, Garuda akan menyerahkan kepada petugas. 

"Garuda hanya bertanggung jawab pada tas biru jinjing. Tolong dipilah lagi, alat masak sama sekali tidak boleh, panci, rice cooker, zamzam, ditinggal saja. Alat masaknya diikhlaskan saja," kata dia.

Kepada jamaah, Agus Salim menjelaskan, sweeping ini semata-mata demi kenyamanan dan keamanan, sehingga jangan sampai ada 1-2 orang jemaah menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain tas jinjing, Agus juga mengingatkan agar jemaah memeriksa kembali tas paspornya supaya tidak ada gunting, pisau atau benda tajam lainnya yang dilarang masuk kabin. "Mohon dipahami, kita lihat masih banyak bagasi melebihi ketentuan yang ada. Mohon kerjasamanya," kata Agus.

Semula banyak jamaah yang tidak merespons pengumuman dari pihak maskapai, namun setelah 10 orang tim sweeping Garuda mendatangi satu per satu jemaah, barulah mereka sibuk memilah. Tidak sedikit jemaah yang ingin mempertahankan membawa dua tas. "Ibu pilih tas biru atau tas satunya lagi, pilih saja salah satu," kata seorang petugas.

Dari sweeping yang dilakukan sekitar satu jam, disita sejumlah barang milik jemaah seperti panci, kompor, rice cooker, penggorengan, air zamzam ukuran 5 liter dan sejumlah barang bawaan jemaah, seperti kain ihram, makanan dan sebagainya.

Kloter 1 Padang rencananya akan terbang ke tanah air pukul 08.20 WAS. Jemaah akan tiba di embarkasi sekitar pukul 21.00 WIB. Dari Mekah, mereka diangkut dengan 10 bus Arabian. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tim Garuda Sweeping Panci, Kompor, dan Rice Cooker

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/10/tim-garuda-sweeping-panci-kompor-dan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tim Garuda Sweeping Panci, Kompor, dan Rice Cooker

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tim Garuda Sweeping Panci, Kompor, dan Rice Cooker

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger