BMKG Tanjung Selor Prediksikan El Nino

Written By Unknown on Kamis, 19 Juni 2014 | 12.16

TANJUNG SELOR, tribunkaltim.co.id - Intensitas curah hujan yang tinggi di malam hari dalam seminggu terakhir diprediksikan akan terus terjadi hingga pertengahan Juli mendatang.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Tanjung Selor mencatat intensitas curah hujan harian (24 jam) mencapai di atas 50 milimeter (mm). Sedangkan kondisi ekstrim juga terjadi lebih dari 20 mm dalam satu jam.

Hal ini diakibatkan adanya daerah tekanan rendah di utara khatulistiwa yang menyebabkan daerah Kalimantan bagian utara menjadi daerah belokan massa udara. Pembelokan massa udara tersebut menyebabkan kecepatan angin berkurang, sehingga massa udara berkumpul menyebabkan gumpalan awan yang matang di jazirah utara Kalimantan.

"Dari stasiun dan seperti yang kita lihat bahwa pada saat menjelang sore hari sampai malam hal itu terjadi. Hujan dengan intensitas tinggi terjadi saat sore dan malam, bahkan sampai pagi. Itulah dampaknya," kata Irman Sanjaya, Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Tanjung Selor kepada Tribun, (18/6)

Fenomena ini lanjut Irman, merupakan pertanda datangnya badai El Nino. Ditambah lagi intensitas hujan yang tinggi di awal-awal musim penghujan. "Misalkan dalam satu periode musim hujan. Hujannya sudah dihabiskan separuh di awal. Setelahnya sebagaian lagi dihabiskan di sisa waktu musim hujan ini," katanya memastikan.

BMKG sempat merekomendasikan kepada petugas tower Bandara (ATC) Tanjung Harapan, Tanjung Selor untuk menutup penerbangan selama satu hari akibat cuaca buruk. Namun

"Tapi beberapa hari ini masih aman untuk penerbangan, juga untuk beberapa mingu ke dpan kami prediksikan demikian, tidak akan mengganggu penerbangan. Hanya saja yang perlu diantisipasi adalah kabut efek hujan malam hari," jelasnya.

Bagi aktifitas pelayaran, pihaknya menghimbau kepada para nelayan maupun yang menggunakan transportasi sungai agar lebih waspada akan gelombang yang akan berkisar mencapai tinggi 30 centimeter dari sebelumnya hanya 20 centimeter. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

BMKG Tanjung Selor Prediksikan El Nino

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/06/bmkg-tanjung-selor-prediksikan-el-nino.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BMKG Tanjung Selor Prediksikan El Nino

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BMKG Tanjung Selor Prediksikan El Nino

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger