Guru SLB Tunas Bangsa Wisata Edukasi ke BOSF

Written By Unknown on Kamis, 19 Juni 2014 | 12.16

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Guru dan staf Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunas Bangsa dipimpin Wakil Kepala Sekolah Hj Susan, SPd  mengadakan wisata edukasi (pendidikan) ke kawasan Borneo Orangutan Survival Fondation (BOSF) Samboja, Rabu (18/6). BOSF merupakan tempat rehabilitasi dan pendidikan satwa langka yang dilindungi, yakni orangutan dan beruang madu.

Menurut Hj Susan, dipilihnya BOSF sebagai tujuan wisata para guru dan staf SLB Tunas Bangsa adalah untuk menambah wawasan mereka tentang satwa langka, khususnya di Kalimantan yang dilindungi.

"Kita mungkin sering mendengar adanya satwa asli Kalimantan yang dilindungi, seperti orangutan dan beruang madu, tapi belum pernah melihat langsung. Makanya kami memilih wisata edukasi ke BOSF," ujarnya.  

Perjalanan dari Balikpapan menuju lokasi BOSF di Samboja, Kutai Kartanegara ditempuh kurang lebih 45 menit. Untuk memasuki lokasi pelatihan orangutan dan beruang madu cukup melelahkan, tapi sangat menyenangkan. Akses jalan yang masih berupa jalan batu, namun di kanan kiri terlihat rerimbunan hutan yang masih terjaga keasliannya.

Para guru dan staf SLB Tunas Bangsa pun terlihat sangat senang ketika melihat langsung beruang madu dan orang utan. "Lucu ya! Aku mau mengadopsinya kalo boleh," ujar Yuni, salah seorang guru saat melihat orangutan kecil bergelantungan.

Ilyas, pegawai BOSF yang mendampingi rombongan wisata dari SLB Tunas Bangsa dengan sabar menjelaskan mengenai kehidapan orangutan dan beruangmadu yang ada di kawasan BOSF Samboja. "Ada sekitar 46 ekor beruang madu yang tinggal di kawasan ini. Mereka kita rawat dan kita jaga. Makannya pun teratur sehari dua kali, pagi dan sore," tuturnya.

Orangutan dan beruang madu yang hidup di kawasan BOSF Samboja ini menjalani pelatihan dan pengenalan alam sebelum dilepasliarkan ke hutan. "Mereka (orangutan dan beruang madu) ini juga mengikuti pendidikan. Jika dinyatakan lulus dan siap dilepasliarkan, maka akan dilepas," tandasnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Guru SLB Tunas Bangsa Wisata Edukasi ke BOSF

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/06/guru-slb-tunas-bangsa-wisata-edukasi-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Guru SLB Tunas Bangsa Wisata Edukasi ke BOSF

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Guru SLB Tunas Bangsa Wisata Edukasi ke BOSF

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger