Pelajar di Kaltara Punya Kesempatan Sama Meraih Beasiswa

Written By Unknown on Selasa, 17 Juni 2014 | 12.16

TANJUNG SELOR, tribunkaltim.co.id –Penjabat Gubernur Kaltara mengungkapkan Pemprov Kaltara jauh hari telah menyiapkan sejumlah program pendidikan perihal kelanjutan jenjang pendidikan siswa bagi siswa-siswi SMA/SMK dan SMP/MTs yang telah mengikuti Ujian Nasional. Program tersebut akan mengakomodir pelajar berprestasi maupun yang kurang mampu.

Dikemukakannya, pelajar yang telah lulus pada satuan pendidikan harus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk siswa yang tergolong kurang mampu misalnya, Pj Gubernur telah menginstruksikan khusus kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kaltara untuk segera menginventarisir pelajar kurang mampu, baik tingkat SD, SMP, SMA, dan atau sederajatnya.

"Siapapun anak-anak kita (pelajar, red) kita yang punya kemauan kuat untuk melanjutkan sekolah itu kita bantu. Asalkan dia punya motivasi bagus, dan berprilaku baik," kata Irianto.

Selain itu, pihaknya juga berjanji akan merekomendasikan secara khusus kepada Gubernur Kaltim perihal alokasi/jatah peraih beasiswa Kaltim Cemerlang. Bahkan Kata Irianto, hal ini nantinya dapat juga diusulkan melalui APBN, lantaran Kementerian Pendidikan juga memiliki program serupa, beasiswa pendidikan.

Di sisi lain, siswa kurang mampu akan berkesempatan sama dengan siswa-siswi berprestasi. Di mana nantinya mereka berhak atas program fasilitasi atas kerja sama yang telah terjalin antara Pemprov Kaltara bersama sejumlah perguruan tinggi terkemuka tanah air. Sebut saja diantaranya, dengan Intitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Istitut Pertanian Bogor (IPB), Institut Tekhnologi Bandong (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (IU), Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), serta Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Negeri Malang (UNM).

"Sejumlah perguruan tinggi yang terikat kerja sama, kita bisa memberikan rekomendasi dan kerjasama tertentu agar lulusan-lulusan SMA di Kaltara bisa diterima di sana. Dalam artian dari sisi persyaratan minimal bisa terpenuhi dulu," jelasnya.

Beberapa waktu lalu Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Kaltara, Muhammad Yunus Abbas juga menyebutkan bahwasanya telah terdapat sedikitnya 523 pelajar dari sejumlah SMA/MA/SMK di Kaltara telah mendaftarkan diri mengikuti program Afirmasi Pendidikan (ADik) yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dan hasilnya, sebanyak 31 siswa telah dinyatakan lulus menjadi calon mahasiswa di beberapa perguruan tinggi terkemuka di Jawa. "Artinya yang kita lakukan kerjasama selama ini sudah ada realisasinya di tahun ini juga," tandasnya.

Ia melanjutkan, pada dasarnya program ADik akan dibiayai oleh APBN. Sementara Pemprov Kaltara akan menanggung seluruh biaya akomodasi pelajar yang bersangkutan menuju tempat PT berkedudukan.

"Tanggungjawab Provinsi adalah biaya trasnportasi dari daerah asal sampai daerah PT (Perguruan Tinggi, red) yang bersangkutan. Tapi kalau biaya pendidikan dan biaya hidup selama mereka mengenyam pendidikan, itu akan ditanggung Dikti melalui APBN," pungkasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pelajar di Kaltara Punya Kesempatan Sama Meraih Beasiswa

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/06/pelajar-di-kaltara-punya-kesempatan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pelajar di Kaltara Punya Kesempatan Sama Meraih Beasiswa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pelajar di Kaltara Punya Kesempatan Sama Meraih Beasiswa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger