Percaya Tidak, Jumlah Orang Kaya Indonesia Kini Bertambah Pesat

Written By Unknown on Selasa, 07 April 2015 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO - Ditengah keluhan banyak warga kelas menengah ke bawah yang daya belinya menurun akibat kenaikan BBM, elpiji, listrik dan berbagai komoditas lain, sebuah laporan menyebutkan, ternyata pertambahan jumlah orang kaya di Indonesia justru bertambah dan naik secara signifikan dibanding negara-negara lain di kawasan Asia.

Pertambahan jumlah orang kaya Indonesia itu didorong oleh peningkatan kualitas infrastruktur dan keahlian kerja, menurut sebuah laporan dari The Economist Intelligence Unit seperti dikutip The Wall Street Journal, Selasa (7/4/2015).

Untuk periode lima tahun ke depan, laju pertumbuhan jumlah warga kaya Indonesia hanya kalah dari India.[Baca: Tahun ini, 24 Warga Indonesia Jadi Orang Terkaya di Dunia]

Laporan yang mencakup 32 negara tersebut mendefinisikan warga kaya sebagai rumah tangga dengan aset keuangan sebesar $100 ribu hingga $2 juta, atau Rp1,3 miliar sampai Rp26 miliar. Kalangan yang disebut sebagai new wealth builders atau NWB ini mencakup profesional mandiri, eksekutif korporasi, serta pelaku wirausaha.

Di Indonesia, jumlah rumah tangga NWB akan bertambah dari 240 ribu pada 2014 menjadi sekitar 1,9 juta pada 2020. Total aset keuangan akan meningkat dari $42,1 juta ke $361,9 juta. Sebagian besar pertumbuhan ini akan digerakkan oleh konsumsi pribadi, yang akan tumbuh 5,6% per tahun, menurut laporan itu.

Berkat angkatan kerja yang terlatih lebih baik, Indonesia juga bakal meraih proyek-proyek manufaktur yang dulu mengalir ke Cina.

India menjadi negara pemuncak survei itu, yang terbit pada Rabu. Jumlah rumah tangga NWB di India bakal menyentuh 4,9 juta pada 2020, atau lebih dari 10 kali lipat ketimbang angka tahun lalu yang mencapai 481 ribu. Aset keuangan mereka pun akan tumbuh 10 kali lipat dari $84,7 juta ke $879,7 juta.

Rumah tangga NWB di negara maju saat ini masih lebih banyak dari negara berkembang, dengan jumlah masing-masing 171 juta dan 97 juta. Namun, situasinya akan berubah pada 2020, kata laporan yang disponsori Citibank itu.

Laporan itu memperkirakan total aset keuangan NWB di seluruh dunia saat ini senilai $88 triliun dan akan meningkat menjadi $145 triliun pada 2020, dengan laju pertumbuhan tahunan 7,3%.

Setelah India dan Indonesia, negara-negara dengan laju pertumbuhan NWB terpesat adalah Vietnam, Thailand, dan Filipina. Namun, kawasan Asia-Pasifik masih tertinggal dari Amerika Latin, karena pertumbuhan di Jepang relatif lemah.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Percaya Tidak, Jumlah Orang Kaya Indonesia Kini Bertambah Pesat

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/04/percaya-tidak-jumlah-orang-kaya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Percaya Tidak, Jumlah Orang Kaya Indonesia Kini Bertambah Pesat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Percaya Tidak, Jumlah Orang Kaya Indonesia Kini Bertambah Pesat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger