Kisah Akbar, Bocah Putus Sekolah Demi Mengurus Ibunya yang Lumpuh

Written By Unknown on Kamis, 02 April 2015 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO, MAJENE – Di tengah kampanye pemerintah soal pendidikan dan kesehatan gratis, ternyata masih ada saja warga yang kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Seperti yang dirasakan Akbar, bocah 13 tahun asal Lembang, Kelurahan Lembang, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Ia memilih berhenti sekolah demi mengurus ibunya yang lumpuh dan terbaring lemah. Sementara kakaknya, Rosita Pratiwi yang kini menempuh pendidikan di SMKN 1 Majene, kini juga terancam putus sekolah, karena alasan biaya.

Akbar tamat sekolah dasar di SDN 11 Baurung tahun lalu. Teman sekelasnya yang lebih beruntung nasibnya kini sudah duduk dibangku kelas VII SMP. Selain harus mengurus ibu, alasan biaya pun menyebabkan Akbar putus sekolah.

Kini, setiap hari Akbar-lah yang memasak dan menyuapi ibunya. "Sebenarnya saya mau sekolah, tapi kasihan ibu saya sendiri yang tak bisa berbuat apa-apa di tempat tidurnya. Karenanya saya putuskan untuk mengurus kebutuhan ibu saya," tutur Akbar ketika ditemui di rumahnya.

Ibunya, Husnia (48) terbaring lemah karena sakit maag kronis dan asam urat. Husnia terbaring beralaskan kasur tua yang warnanya sudah coklat kehitaman. Dedaunan yang menempel di wajah, leher, dan dadanya menjadi obat untuk menurunkan rasa sakit.

Di samping tempat tidur Husnia terlihat mangkuk berwarna jingga berisi bubur dan ditutup dengan tutup panci. Husnia hanya makan satu sampai dua sendok sekali makan. Sebenarnya, Husnia pernah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majene, namun karena alasan biaya pula dia pulang ke rumahnya.

Rumah mereka adalah sebuah gubuk kecil berukuran 3x4 meter yang terletak di belakang pemukiman penduduk dan berdampingan dengan kandang ayam milik warga. Akbar adalah anak ketiga dari dua bersaudara. Kakak pertamanya Ramli merantau ke Kalimantan dengan harapan bisa memperbaiki taraf hidup keluarganya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kisah Akbar, Bocah Putus Sekolah Demi Mengurus Ibunya yang Lumpuh

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/04/kisah-akbar-bocah-putus-sekolah-demi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kisah Akbar, Bocah Putus Sekolah Demi Mengurus Ibunya yang Lumpuh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kisah Akbar, Bocah Putus Sekolah Demi Mengurus Ibunya yang Lumpuh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger