Kematian Bisa Ditunda? Ini Menurut Pakar

Written By Unknown on Rabu, 08 April 2015 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO - Selama ini, dipercaya bahwa kematian dipicu oleh jantung yang berhenti berdetak sehingga pemompaan darah ke seluruh tubuh terhenti dan akhirnya tubuh berhenti bekerja.

Namun, penelitian terbaru oleh pakar saraf dari University of Michigan, Jimo Borjigin, mengungkap bahwa kematian lebih ditentukan oleh kiriman sinyal kepada jantung dari otak daripada organ jantung itu sendiri.[Baca: Fakta Menakjubkan Tentang Jantung Manusia]

"Orang biasanya fokus pada jantung, berpikir bahwa jika menyelamatkan jantung maka otak juga akan selamat. Anda harus memutuskan komunikasi kimia antara otak dan jantung untuk menyelamatkan jantung," kata Borjigin.

Untuk mengungkap hal itu, Borjiogin memaparkan tikus pada karbon dioksida, menginduksi kejadian henti detak jantung. Menjelang kematian, ilmuwan mengamati aktivitas jantung dengan ECG (Echocardiography) dan EEG (Electroencephalography) serta sinyal kimia pada 2 organ itu.

Borjigin mengungkap, setelah terpapar karbon dioksida, detak jantung langsung turun. Lalu, aktivitas otak menyesuaikan dengan aktivtas jantung. Saat itu, senyawa dopamine yang memicu rileks dan norepinephrine yang memicu kewaspadaan membanjiri darah.

Setelah dikirimnya dua senyawa yang berfungsi sebagai sinyal itu, jantung terus seirama dengan otak hingga bagian bilik bawah jantung tak bisa berkontraksi dengan normal guna memompa darah. Kondisi itu disebut ventricular fibrillation.

Kondisi ventricular fibrillation memicu kematian. Ketika ilmuwan menghambat pengiriman dopamine dan norepinephrine, kondisi ventricular fibrillation tersebut dapat dihambat. Akhirnya, kematian pun bisa ditunda.

Apakah cara yang sama bisa dilakukan pada manusia untuk menunda kematian? Borjigin seperti diberitakan Livecscience, Selasa (7/4/2015), mengatakan, "itu pertanyaan seharga miliaran dollar."

Meskipun, riset untuk mewujudkannya akan sangat berharga. Bukan untuk memenuhi hasrat orang yang tak mau mati, melainkan untuk menyelamatkan nyawa orang yang mengalami henti detak jantung. Dengan memblokir sinyal dari otak, dokter punya waktu lebih untuk menyelamatkan pasien. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kematian Bisa Ditunda? Ini Menurut Pakar

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/04/kematian-bisa-ditunda-ini-menurut-pakar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kematian Bisa Ditunda? Ini Menurut Pakar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kematian Bisa Ditunda? Ini Menurut Pakar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger