Empas Masakan Lezat ini Jadi Duta Kuliner Nusantara

Written By Unknown on Sabtu, 11 April 2015 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO - Empat masakan tradisional Indonesia menjadi wakil Indonesia dalam ajang World Street Food Congress 2015 di Kawasan Bugis, Singapura. Empat masakan itu diharapkan bisa menjadi duta yang mengenalkan keanekaragaman kuliner Nusantara ke dunia internasional.

Empat masakan itu adalah gudeg Yu Nap dan kupat tahu Gempol dari Bandung, Jawa Barat; ayam Taliwang dari Lombok, Nusa Tenggara Barat; dan soto ambengan Pak Sadi dari Surabaya, Jawa Timur. Empat legenda masakan Indonesia itu diusung Kecap Bango sebagai makanan jalanan bercita rasa tinggi.

Empat masakan khas Indonesia itu menyajikan 100 porsi siap jual setiap hari, pada 8-12 April 2015, di ruang terbuka kawasan Bugis. Rabu (8/3/2015) malam, seusai pembukaan World Street Food Congress (WSFC) 2015, masakan itu langsung diserbu pembeli, baik warga Singapura, warga negara Indonesia, maupun warga asing lain.

Kupat tahu Gempol, misalnya, langsung ludes kurang dari 3 jam sejak acara dibuka. Pembeli untuk tiga makanan lainnya pun rela antre panjang untuk menikmatinya. Sebelum acara ditutup pukul 22.00 waktu setempat, empat masakan Indonesia itu sudah ludes terlebih dahulu. (Baca juga: Hmmm, Lezatnya Tengkleng Gajah di Sleman)

Arie Parikesit, Konsultan Kuliner Bango dari Kelanarasa, Kamis (9/4/2015) di Singapura, mengatakan, empat legenda kuliner Indonesia itu memiliki sejarah bermula dari kecil, bahkan berlokasi di pinggir jalan. Tahun ini, keempatnya dipilih mewakili aneka masakan Nusantara.

"Makanan Indonesia tak hanya nasi goreng, gado-gado, sate, dan rendang. Banyak kuliner Nusantara dari Sabang sampai Merauke yang bisa dikenalkan kepada pencinta kuliner di seluruh dunia," ujarnya, sebagaimana diulas Kompas.

Menurut Arie, selain bertujuan mengenalkan makanan Nusantara ke dunia internasional, ajang itu diharapkan juga mengangkat rasa bangga pelaku usaha kuliner Tanah Air. "Rasa bangga menjadi pelaku usaha kuliner itu penting untuk terus melestarikan dan mengembangkan kuliner Nusantara. Apalagi, di tengah gempuran makanan Barat," katanya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Empas Masakan Lezat ini Jadi Duta Kuliner Nusantara

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/04/empas-masakan-lezat-ini-jadi-duta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Empas Masakan Lezat ini Jadi Duta Kuliner Nusantara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Empas Masakan Lezat ini Jadi Duta Kuliner Nusantara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger