Demam Batu Akik Ancam Peninggalan Purbakala di Papua

Written By Unknown on Minggu, 12 April 2015 | 12.16

TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN

Mantan Jaksa Agung RI (tengah) sedang memilah-milah batu akik di Festival Batu Akik di Lapangan Agathis, Tanjung Selor Kaltara, Rabu (8/4/2015). Ia didampingi Pj Gubernur Kaltara Irianto Lambrie dan Sekprov H Badrun. 

TRIBUNKALTIM.CO - Deman batu akik mewabah hampir ke seluruh penjuru tanah air, tak terkecuali Papua. Tak mengherankan jika dengan mudah kita dapat menemui warga yang menjual berbagai jenis batu akik, baik yang sudah diolah atau yang masih berbentuk bongkahan.

Fenomena batu akik ini seolah telah menciptakan lapangan pekerjaan baru yakni menjadi pencari dan penjual bongkahan batu.

Hasil menjual bongkahan batu yang cukup menjanjikan, sehingga muncul pedagang batu dadakan, dan ada juga yang beralih dari semula berdagang pinang berganti menjual bongkahan batu.

Salah seorang pencinta batu akik asal Timika, Yan Pieter Magal mengaku senang dengan fenomena batu akik karena dapat menjadi lapangan pekerjaan baru.

Namun ia juga khawatir karena fenomena batu akik berpotensi mengancam peninggalan purbakala zaman batu di Papua.

Kekhawatiran Yan bukan tanpa alasan. Mantan wakil ketua DPRD Kabupaten Mimika periode 2009-2014 ini mengaku sudah tiga kali menemukan kapak batu dijual bersama bongkahan batu. (Baca juga: Seminggu, Pria Ini Asah Batu Akik Bentuk Pola Kera Sakti)

"Kemarin saya sempat melihat-lihat koleksi batu akik dan bongkahan batu yang dijual di depan Terminal Bandara Sentani Jayapura. Saya kaget karena di antara bongkahan batu yang dijual, ada kapak batu peninggalan zaman batu. Saya sempat marah dan menanyakan asal batu itu dan langsung membeli batu itu seharga Rp 300.000," kata Yan Pieter Magal saat ditemui, Sabtu (11/4/2015).


Anda sedang membaca artikel tentang

Demam Batu Akik Ancam Peninggalan Purbakala di Papua

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/04/demam-batu-akik-ancam-peninggalan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Demam Batu Akik Ancam Peninggalan Purbakala di Papua

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Demam Batu Akik Ancam Peninggalan Purbakala di Papua

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger