Rekor Baru, Penis Hilang 3 Tahun Berhasil Dicangkok

Written By Unknown on Sabtu, 14 Maret 2015 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO - Inilah pemuda, berusia 21 tahun, yang berbahagian saat ini. Laki-laki yang namanya tidak diumumkan, saat ini sudah pulih total dari kehilangan alat kelamin, setelah organ vital hasil transplantasi berfungsi sepenuhnya.

Demikian pernyataan dari Fakultas Kedokteran dan Layanan Kesehatan Universitas Stellenbosch,  Afrika Selatan, Jumat (13/3/2015).

Para dokter spesialis bedah dari universitas itu mencatatkan hasil gemilang, sukses melakukan operasi transplantasi atau cangkok alat kelamin pria. Operasi berlangsung selama sembilan jam, Desember 2014.

Pasien kehilangan organ kelaminnya tiga tahun lalu setelah menderita komplikasi akibat khitanan yang gagal di usia remajanya sehingga terpaksa penisnya diamputasi.

Universitas Stellenbosch yang terletak tidak jauh dari Cape Town, salah satu kota terbesar di Afrika Selatan, tidak merilis informasi siapa yang menjadi donor organ. Namun dijelaskan, mencari donor merupakan salah satu halangan utama. Ini merupakan yang pertama kalinya transplantasi penis berakhir sukses.  (Baca juga: Solena Cuek Dicibir Karena Operasi Kelamin)

Sebelumnya, seorang pria di Tiongkok menjalani tranplantasi pada tahun 2005. Operasi tersebut awalnya tampak sukses, tapi menurut dokter, pria itu kemudian meminta penis barunya dilepaskan karena masalah psikologis yang ia alami bersama isterinya.

Profesor Andre van der Merwe, kepala departemen urologi Universitas Stellenbosch dan dokter utama pada operasi, mengatakan ia sebelumnya memprediksi butuh dua tahun setelah operasi bagi pasien sebelum pasien dapat menjalankan fungsi organ barunya secara sempurna. "Kami sangat terkejut dengan betapa cepatnya (pasien) sembuh," ujar Van der Merwe. (Baca juga: Mayang Operasi Payudara dan Wajah di Thailand)

Seperti halnya di Indonesia, di Afrika Selatan, terutama di pedesaan, sunat dilangsungkan saat lelaki memasuki masa akil baligh. Universitas Stellenbosch mengutip pakar yang memperkirakan terdapat setidaknya 250 kasus amputasi penis per tahun di Afrika Selatan akibat pelaksanaan khitanan yang gagal.

Menurut Universitas Stellenbosch, sudah ada sembilan pasien lagi yang sedang menanti donor untuk transplantasi penis. (voa indonesia)


Anda sedang membaca artikel tentang

Rekor Baru, Penis Hilang 3 Tahun Berhasil Dicangkok

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/03/rekor-baru-penis-hilang-3-tahun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rekor Baru, Penis Hilang 3 Tahun Berhasil Dicangkok

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rekor Baru, Penis Hilang 3 Tahun Berhasil Dicangkok

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger