Tiga Bulan Warga Santan Kukar Terendam Banjir

Written By Unknown on Senin, 09 Februari 2015 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO, TRIBUN- Ribuan warga yang bermukim di sepanjang bantaran Sungai Santan, Desa Santan Ulu, Santan Tengan dan Santan Ilir, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, menderita. Pasalnya, selama 3 bulan terakhir ketiga desa terendam banjir berkepanjangan. Luapan air Sungai Santan yang berwarna kecoklatan membanjiri kolong dan rumah warga yang mayoritas berbentuk rumah panggung.

Kepala Badan Perwakilan Desa (BPD) Desa Santan Tengah, Mansur yang menghubungi Tribun, Minggu (8/2), pukul 17.30 Wita mengatakan, banjir yang merendam Desa Santan Tengah tahun ini cukup parah.

Air sungai yang meluap hingga ke pemukiman warga mencapai ketinggian 1 meter sampai 1,5 meter. Akibatnya sebagian rumah warga terendam air, kecuali rumah-rumah panggung. "Banjirnya ini sudah berlangsung hampir 3 bulan, memang kadang surut, tapi hampir sepanjang hari kami terendam air," ujar Mansyur.

Bencana banjir ini, kata Mansur, juga dialami oleh warga Desa Santan Ulu dan Santan Tengah. Ia mengungkapkan total jumlah penduduk yang mendiami 3 desa di sepanjang bantaran sungai Santan tersebut berkisar 2400 jiwa. "Yang jelas hampir 80 persen wilayah di 3 Desa Santan terendam banjir," paparnya.

Selain merendam ribuan rumah, luapan air Sungai Santan juga mengakibatkan kerugian materil yang tak terhingga. Mayoritas warga Santan yang berprofesi sebagai petani gagal panen. Mulai produk pertanian jangka pendek seperti cabai dan jagung hingga perkebunan sawit. "Sudah tidak terhitung kerugian kami. Yang jelas warga sangat menderita karena banjir ini," katanya.

Ironisnya, meski banjir sudah berlangsung berbulan-bulan, hingga kini belum ada perhatian dari Pemkab Kukar. "Dari dulu kami memang dianaktirikan, mohon supaya Pemerintah memperhatikan kondisi kami di sini," tandasnya.(tribunkaltim)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tiga Bulan Warga Santan Kukar Terendam Banjir

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/02/tiga-bulan-warga-santan-kukar-terendam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tiga Bulan Warga Santan Kukar Terendam Banjir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tiga Bulan Warga Santan Kukar Terendam Banjir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger