Penumpang Gelap Kapal Tidur di Kamar Sopir Truk

Written By Unknown on Selasa, 20 Januari 2015 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Percaloan masih terjadi di Pelabuhan Semayang Balikpapan. Dasir, merupakan satu diantara calo yang mencari penumpang gelap di sekitar terminal penumpang Pelabuhan Semayang, Selasa (20/1/2015).

Sejak pagi sekitar pukul 08.30 Wita, Dasir sudah berada di pelabuhan. Dia menawarkan tiket seharga Rp 300.000 kepada orang yang singgah di dermaga. Tiket kapal seharga Rp 300.000 tersebut ditawarkannya dengan berbagai fasilitas. Mulai dari mendapat makan sampai tempat istirahat.

Dia mengaku uang Rp 300.000 yang didapat dari satu penumpang gelap nantinya diberikan kepada sopir yang membawanya masuk ke dalam kapal. "Nanti uang ini juga aku kasih ke sopir, aku cuma bantu saja," ujarnya.

Nantinya penumpang gelap yang dibawanya masuk kapal melalui truk "Adel". Penumpang gelap tanpa asuransi keselamatan jiwa ini bertempat duduk di sebelah sopir. Dari keterangannya, setelah di dalam kapal penumpang mendapat kamar yang seharusnya dipakai sopir. (BACA: Tak Kebagian Tiket Pesawat, Tikno Terpaksa Pesan Lewat Calo)

Awang, agen resmi penjual tiket kapal laut mengatakan, banyak kesengsaraan yang dialami penumpang gelap. Dia mendapat cerita dari orang - orang yang naik kapal melalui truk, selain janji-janji yang diberikan calo palsu, nantinya penumpang harus menghadapi petugas kapal yang mengecek tiket penumpang.

Bila penumpang ketahuan tidak memiliki tiket, maka petugas kapal mengharuskan penumpang untuk membeli tiket resmi.  "Jadi bayar dobel kan  kalau lewat calo," ujar petugas tiket resmi.

Kesulitan-kesulitan yang dihadapi penumpang gelap diantaranya tidak memiliki asuransi keselamatan jiwa; bila di dalam kapal terpisah dengan sopir yang membawanya masuk, maka sopir tidak bertanggungjawab bila terjadi hal buruk pada penumpang; dan fasilitas yang diperoleh penumpang gelap tidak sebagus penumpang bertiket resmi. (BACA: Puncak Arus Balik di Semayang Diperkirakan Mulai 3 Agustus)

Meski selisih harga tiket resmi Rp 100.000 lebih mahal dari tiket lewat truk, masih ada saja orang yang menumpang kapal melalui jalur yang tidak resmi. " Semua ini karena uang, bila uang tidak cukup untuk membeli tiket resmi pasti larinya ke calo," kata penjual tiket resmi. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Penumpang Gelap Kapal Tidur di Kamar Sopir Truk

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/01/penumpang-gelap-kapal-tidur-di-kamar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penumpang Gelap Kapal Tidur di Kamar Sopir Truk

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penumpang Gelap Kapal Tidur di Kamar Sopir Truk

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger