Mitra Kukar Tantang 5 Tim Thailand

Written By Unknown on Sabtu, 20 Desember 2014 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Juara. Itulah target yang diusung Mitra Kukar, tim sepakbola kaya asal Kalimantan Timur, pada kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015 mendatang. Sebagai salah satu tim kuat ISL sejak tiga tahun terakhir, Mitra Kukar siap menggelontorkan 20 miliar rupiah untuk mewujudkan mimpi juara.

Sebenarnya bukan hanya musim 2015 tim kebanggaan masyarakat Kukar ini memasang target juara. Di ISL 2014 lalu sebenarnya tim berjuluk Naga Mekes ini juga memasang target juara. Namun sayang, pelatih asal Swedia Stafen Hansson, gagal mewujudkan mimpi manajemen karena hanya berhasil menempati peringkat tiga grup L di babak delapan besar. (BACA: Besok, Mitra Kukar Mulai TC di Jakarta).

Gagal meraih juara di ISL 2014, Mitra Kukar berbenah. Mendatangkan pelatih anyar, Scott Joseph Cooper, menjadi salah satu cara yang dilakukan manajemen untuk meraih juara. (BACA: Mitra Kukar Datangkan Pelatih Eropa).

"Kami mencari pelatih yang satu misi dengan yang kami rancang dalam beberapa tahun terakhir, yaitu membangun industri olahraga. Tentunya kami berharap dia juga bisa membawa tim ini juara," tutur Presiden Mitra Kukar, Endri Erawan saat dihubungi Tribun Kaltim, Minggu (19/12/2014).

Scott Cooper memiliki pengalaman selama tiga tahun melatih di liga primer Thailand. Cooper pernah mengantarkan Buriram United dari tim semenjana menjadi tim tangguh di Thailand dan Asia. Di bawah polesan Cooper, Buriram United masuk dalam 10 klub terbaik di Asia.

"Saya berharap Scott Cooper bisa membantu kami berprestasi agar tim pemasaran kami terbantu untuk memudahkan menggaet sponsor," kata Endri. Mitra Kukar mengikat Cooper dengan kontrak berdurasi total dua tahun. Naga Mekes mengikat Cooper untuk satu tahun pertama efektif mulai 1 Januari 2015.

Bukan hanya jajaran pelatih, manajemen tim pun siap memboyong skuat Naga Mekes untuk uji kekuatan melawan para juara liga Thailand, atau Thai Premier League (TPL). "Ya kami akan ke Thailand menantang tim-tim besar di Liga Thailand," kata Endri Erawan.

Menurut Endri, persiapan Mitra Kukar tidak main-main di musim depan. Sejak perekrutan pemain, training center hingga uji coba ke Thailand sudah dipersiapkan secara matang.

Khusus persiapan ke Thailand, manajemen menyiapkan anggaran berkisar Rp 1 miliar. "Kami sih inginnya dana bisa minim. Untuk ke Thailand saya anggarkan sekitar Rp 1 miliar-lah," kata Endri.

Ia menjelaskan, dipilihnya negeri Gajah Putih itu tak lepas dari peran pelatih anyarnya, Scott Joseph Cooper. Cooper sendiri adalah pelatih asal Inggris yang terakhir menangani dua klub papan atas di Thailand Premier League, yakni Buriram United dan Muangthong United. "Memang ini tidak lepas dari peran pelatih baru kita. Dia sukses melatih di Thailand. Dan akan mudah bagi kami untuk mencari lawan di sana," ujarnya.

Scott Cooper  memang sempat dianggap sebagai salah satu fenomenal di Thailand Premier League berkat kesuksesan saat bergabung bersama Buriram United di tahun 2013. Scott yang juga pernah menjadi pelatih Timnas Inggris U-15 itu membawa Buriram mencatat rekor tak terkalahkan di empat ajang yakni Thailand Premier League, Liga Champions Asia, Piala FA Thailand dan Piala Liga Thailand.

Para pemain akan di boyong ke Thailand pada 23 Desember hingga 5 Januari 2015 mendatang. Menurut Endri, ada lima tim yang siap dihadapi para pemainnya. "Lima tim Thailand yang sudah disiapkan yaitu Buriram United, Muangthong United, Bangkok United, Osotspa Saraburi dan Bangkok Glass. Tapi karena keterbatasan waktu, dari lima itu akan dipilih tiga saja. Tidak mungkin dalam waktu 2 minggu kita lawan semuanya," terang Endri.

Pria yang juga ketua KADIN Kukar ini menambahkan, selain menggelar uji coba, pada turnya ke Thailand ini Mitra Kukar juga akan menyeleksi pemain asing. "Kita sekalian seleksi pemain asing jika selama di Jakarta ini kita belum dapat (pemain asing)," tambahnya.

Saat ini Mitra Kukar sedang fokus melakukan seleksi pemain di lapangan Bea Cukai, Jakarta. Seleksi perdana sudah digelar sejak Senin (15/12/2014) lalu. Pada seleksi pemain ini hadir para mantan pemain Timnas U-19 yang juga dikabarkan resmi dikontrak Mitra Kukar, yaitu Ravi Murdianto, Mahdi Fahri, Septian David Maulana, Rudolf Yanto Basna, Ryuji Utomo, dan Gavin Kwan Adsit (U-18).

"Filosofi kami sudah mengarah ke industri. Sehingga kami perlu figur-figur muda dan bertalenta yang punya nilai jual di publik," beber Endri.

Ia berharap sepulangnya dari Thailand tim Mitra Kukar sudah solid. Dan turnamen SCTV Cup menjadi ajang pemanasan skuatnya sebelum kompetisi ISL 2015 mulai digelar 1 Februari mendatang. "Kami pulang dari Thailand 5 Januari. Ada kemungkinan tim tidak balik ke Tenggarong tapi tetap di Jakarta untuk mengikuti SCTV Cup 13 Januari nanti. Semoga tim ini benar-benar bisa solid dan kita bisa juara ISL," harapnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Mitra Kukar Tantang 5 Tim Thailand

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/12/mitra-kukar-tantang-5-tim-thailand.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mitra Kukar Tantang 5 Tim Thailand

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mitra Kukar Tantang 5 Tim Thailand

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger