Jaang Beri 5 Unit Motor Trail untuk Yonif 611 Awang Long

Written By Unknown on Sabtu, 20 Desember 2014 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Mengenang peristiwa bersejarah menghadapi Agresi Militer Belanda II tahun 1948,  jajaran Kodam VI/Mulawarman kembali menggelar Gerak Jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya. Acara diawali dari titik start Kota Balikpapan menuju Samarinda.

Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono SIP beserta seluruh Perwira Jajaran Kodam VI/Mlw dan Korem 091/ASN ikut berjalan kaki mengiringi Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya pada Etape terakhir dari Stadion Utama Palaran memasuki finish di Mako Yonif 611/Awang Long, Jumat (19/12/2014).

Dengan langkah tegap nan perkasa, Pasukan Tonting memasuki lapangan upacara dengan senjata di pundak kanan dan membawa sebuah kelapa muda merupakan ciri khas pasukan TNI Tempo dulu. Setelah terbelahnya  kelapa muda diiringi dentuman senjata, selesai sudah kegiatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya yang dari Balikpapan - Samarinda berjalan kaki selama tiga hari tiga malam dengan jarak tempuh sekitar 120 Km.

Pangdam Benny selaku Inspektur upacara membacakan amanat tertulis Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri menyatakan, salah satu catatan peristiwa perjuangan bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, ditunjukkan saat menghadapi Agresi Militer Belanda II 19 Desember 1948.

Peristiwa yang penuh heroisme dan sarat jiwa pengabdian tersebut diawali dengan dikeluarkannya perintah kilat Nomor I/PB/D/1948 oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman yang intinya perintah kepada seluruh angkatan perang untuk melebur diri dalam satuan gerilya untuk melawan Belanda melakukan perang gerilya.

Pemantapan jati diri TNI AD, merupakan keniscayaan yang harus dicapai dan menjadi sebuah sistem kepercayaan dan nilai yang membudaya bagi diri setiap prajurit disatuan Infanteri. (BACA: Kodam VI/Mulawarman Siapkan Satu Heli Bantu Pengiriman Logistik Pilpres).

Usai upacara dilaksanakan penyerahan trofi kepada pemenang Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya. Juara I Ton Inti yang dimenangkan Yonif 611/Awl, juara II dari Yonif 600/R sedangkan juara III dari Yonif 614/RJP.

Walikota Samarinda Syaharie Jaang yang hadir sebagai tamu undangan, menyerahkan bantuan berupa 5 Unit motor trail kepada Batalyon Infanteri 611/Awanglong. Walikota berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan operasional Batalyon dalam rangka menunjang tugas pokok TNI AD.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Danrem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono, Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Suharjono, Danrindam VI/Mlw Kolonel Inf Awal Nur beserta Para Asisten dan Kabalak jajaran Kodam VI/Mlw. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Jaang Beri 5 Unit Motor Trail untuk Yonif 611 Awang Long

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/12/jaang-beri-5-unit-motor-trail-untuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jaang Beri 5 Unit Motor Trail untuk Yonif 611 Awang Long

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jaang Beri 5 Unit Motor Trail untuk Yonif 611 Awang Long

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger