Evaluasi Satgas Muzdalifah, Pergerakan Jamaah Lancar

Written By Unknown on Kamis, 09 Oktober 2014 | 12.16

MAKKAH, tribunkaltim.co.id - Dalam rangkaian puncak haji tanggal 8 sampai 13 Dzulhijjah lalu, personel Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Makkah bertugas sebagai satuan tugas (satgas) Muzdalifah.

Di Muzdalifah, jutaan Muslim dari berbagai negara bermalam (mabit) di tempat terbuka sebagai rangkaian wajib haji. Berdasarkan evaluasi satgas, pergerakan jamaah relatif lancar. Namun sempat ada masalah pada penempatan jamaah di maktab 10 dan 11.

Kepada Daker Makkah, Endang Jumali, Rabu (8/10/2014), mengatakan secara umum pergerakan jamaah saat menuju dan bertolak dari Muzdalifah relatif lancar. "Pendorongan dari Arafah ke Muzdalifah diawali pukul 17.0 WAS. Yang sampai pertama pukul 18.30 WAS. Sedangkan akhir pendorongan dari Arafah pukul 23.30 WAS," katanya.

Adapun pergerakan jamaah dari Muzdalifah ke Mina dimulai pukul 00.20 WAS dan berakhir pukul 07.30 WAS. Kondisi ini lebih baik dari tahun sebelumnya, dimana pergeseran jamaah hingga pukul 09.00 WAS.

Bila dalam pergerakan relatif lancar, sempat ada masalah tempat mabit yang tidak mencukupi. "Hal ini karena adanya penyempitan lokasi mabit di maktab 10 dan 11. Lokasinya seperti cekungan bottle neck," katanya. Akhirnya jamaah sampai meluber keluar pagar. Hal ini tentunya menjadi catatan penting dalam evaluasi satgas.

Pantauan Tribun saat mengikuti mabit di Muzdalifah lalu, jutaan orang mengambil lokasi mabit sesuai maktab yang ditentukan muassasah. Mereka datang, lalu menghamparkan tikar untuk beristirahat di tanah terbuka. 

Karena kondisi yang padat, jarak antar jamaah sangat rapat. Agar tak saling terpisah, pola istirahat dibuat per regu. Namun banyak juga yang memilih di samping pasangan, teman, atau keluarganya. Di sela istirahat, jamaah menyempatkan mengumpulkan batu untuk melontar jamarat. 

Lepas tengah malam, jamaah Indonesia mulai diberangkatkan ke Mina. Namun mayoritas jamaah haji dunia menunggu hingga usai shalat subuh. Mereka berjalan kaki menuju Mina yang jaraknya sekitar lima kilometer dari Muzdalifah. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Evaluasi Satgas Muzdalifah, Pergerakan Jamaah Lancar

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/10/evaluasi-satgas-muzdalifah-pergerakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Evaluasi Satgas Muzdalifah, Pergerakan Jamaah Lancar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Evaluasi Satgas Muzdalifah, Pergerakan Jamaah Lancar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger