Lima Cara Hindari Stress Akibat Tumpukan Barang

Written By Unknown on Selasa, 20 Mei 2014 | 12.16

TRIBUNKALTIM.co.id  - Rumah tidak serta-merta menjadi berantakan. Banyaknya barang yang menumpuk salab satu penyebabnya. Tidak hanya itu, efek barang menumpuk pun bisa berujung pada stress.

"Barang menumpuk bukan hanya yang berserakan di lantai rumah, barang tersebut adalah segala sesuatu yang menghalangi Anda dan kehidupan bisa menjadi lebih buruk," ujar penulis profesional Peter Walsh.

Kenali penyebab barang-barang menumpuk di rumah. Kemudian, hentikan penumpukan barang tersebut untuk membuat hidup Anda lebih mudah dan bebas stress.

Pertama, barang menumpuk bisa terjadi karena Anda senang berbelanja. Menjamurnya pusat-pusat perbelanjaan membuat budaya belanja semakin subur. Ketika sedih, stress, atau bosan, tidak sedikit orang yang memilih berbelanja sebagai pelampiasan.

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghindari hal ini adalah hanya mengunjungi pusat perbelanjaan ketika membutuhkan sesuatu. Tidak hanya bebas tumpukan barang, Anda pun bisa berhemat.

Kedua, barang juga bisa menumpuk karena Anda tidak disiplin. Anda mungkin memulai minggu dengan kamar tidur yang rapi. Sayangnya, Anda mengakhiri setiap malam tanpa membenahi kamar. Tentu saja, barang-barang yang Anda gunakan akan berserakan. Sebaiknya, setiap sebelum tidur, benahi barang-barang yang Anda gunakan.

Ketiga, barang yang sebetulnya tidak digunakan bisa menumpuk lantaran Anda enggan membuangnya. Anda mungkin berpikir, barang tersebut punya kenangan tersendiri. Sebaiknya,  simpan barang yang Anda butuhkan. Namun, tidak bijak juga membuang barang kenangan begitu saja. Cobalah menimbang-nimbang, benda apa yang akan sangat Anda perlukan jika kehilangan barang tersebut. Jangan-jangan, ada barang yang sebetulnya memang tidak Anda inginkan sama sekali.

Keempat, Anda mungkin telah membiarkan surat-surat dan amplop tagihan bertumpuk. Ada banyak solusi untuk menyelesaikan masalah ini. Anda bisa mendaur ulang surat-surat tersebut, menggunakannya kembali untuk keperluan tulis-menulis, atau memanfaatkannya sebagai pembungkus limbah (misalnya untuk membungkus pembalut bekas pakai sebelum dibuang, cotton bud, atau pembungkus luka).

Kelima, Anda sendiri mungkin lupa bahwa punya barang tersebut. Barang-barang yang tidak pernah Anda gunakan ini bisa saja hadiah dari seseorang, barang gratisan, atau hanya karena Anda menginginkannya. Jika masih bisa digunakan dan berada dalam kondisi baik, berikan pada orang yang membutuhkannya. Jika sudah rusak, segera singkirkan barang tersebut.


Anda sedang membaca artikel tentang

Lima Cara Hindari Stress Akibat Tumpukan Barang

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/05/lima-cara-hindari-stress-akibat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lima Cara Hindari Stress Akibat Tumpukan Barang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lima Cara Hindari Stress Akibat Tumpukan Barang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger