Kadisdik Balikpapan: Lakalantas Pelajar Jadi Dilema

Written By Unknown on Sabtu, 21 September 2013 | 12.16

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Balikpapan Heri Misnoto menilai kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar menjadi persoalan yang dilematis. Di satu sisi ada yang melarang memberikan kendaraan ke siswa, sementara di sisi lain sarana transportasi juga masih terbatas.

"Itu dilematis juga masalahnya, satu sisi kalau kita menggunakan bus angkutan pelajar jumlahnya kan terbatas, tidak mampu mengakomodir semua sekolah dan semua jalur. Kemudian kalau saya mendisiplinkan anak masuk jam 07.15 nggak mungkin bisa, pasti ada yang terlambat. Sehingga ini mungkin perlu ada kearifan aturan," ujarnya, Jumat (20/9/2013).

Guna menyikapinya, Disdik bersama Satlantas Polres Balikpapan kini gencar memberikan pembinaan kepada para siswa untuk lebih waspada dalam berlalu lintas. "Kita sudah kerjasama, setiap hari Senin itu Kasat Lantas selalu berputar ke sekolah-sekolah menjadi inspektur
upacara, memberika n pemahaman disiplin lalu lintas," ungkap Heri.

Selain itu, pihak sekolah juga terus memberikan pembinaan kepada siswa untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih disiplin agar tidak terlambat ke sekolah. Meski begitu, Disdik juga tidak membenarkan tindakan sekolah yang mengusir siswa apabila datang terlambat. Siswa yang terlambat, kata Heri, tetap diizinkan masuk ke sekolah namun tidak dapat mengikuti pelajaran yang sudah berjalan di kelas.

"Jadi kalau terlambat tetap mereka ke sekolah cuma nggak masuk kelas. Hak belajarnya tertinggal 1 jam. Sehingga sanksi ini dapat menjadi pelajaran bagi anak untuk mempersiapkan diri lebih dini," urainya.

Sanksi memulangkan siswa dari sekolah, kata Heri, bukanlah tindakan mendidik. Karena hanya akan mendorong siswa ke perilaku menyimpang. Pihaknya bahkan sudah pernah menskorsing guru yang mengusir siswanya dari sekolah. Kebijakan tersebut hingga kini tetap diterapkan untuk mencegah perilaku menyimpang di kalangan siswa. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kadisdik Balikpapan: Lakalantas Pelajar Jadi Dilema

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2013/09/kadisdik-balikpapan-lakalantas-pelajar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kadisdik Balikpapan: Lakalantas Pelajar Jadi Dilema

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kadisdik Balikpapan: Lakalantas Pelajar Jadi Dilema

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger