Pemkab Nunukan Bisa Ajukan Kapal Ro-Ro

Written By Unknown on Senin, 08 Juli 2013 | 12.16

NUNUKAN,tribunkaltim.co.id - Kebutuhan kapal pengangkut kendaraan atau roll on - roll off (Ro-Ro) dinilai sudah sangat mendasak di Nunukan. Aktivis LSM Panjiku Mansyur Rincing mengatakan, dengan mendatangkan kapal tersebut, tentu sangat membantu masyarakat untuk berinteraksi dengan pulau-pulau lainnya terutama Sulawesi. Warga tak lagi kesulitan bepergian dengan membawa kendaraan roda empat.

 Kepala Cabang PT Pelni Nunukan Patoh Sembiring mengatakan, jika saja pemerintah setempat ditunjang data statistik melihat terjadinya pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi, sehingga ada kebutuhan untuk mendatangkan Ro-Ro, Pemerintah Kabupaten Nunukan dapat mengajukan permohonan kepada Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan atau PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

Tentu nanti akan ada kajian. Tidak semena-mena langsung mendatangkan. Tentu ini ada unsur dari masalah ekonomi, apakah potensinya memungkinkan atau tidak? Tentu ini perlu  kajian yang lebih dalam," ujarnya.

 

"Tentu kita mempertimbangkan juga, yang ada sekarang bagaimana? Apakah dia sudah mampu mengakomodir semua angkutan transportasi masalah Ro Ro?  Kalau sudah mampu ini kan bagian dari persaingan bisnis," ujarnya.

PT Pelni melihat sejauh mana potensi pengangkutan mobil atau kendaraan roda empat dari dan ke Nunukan. Jika satu kapal milik swasta ini tidak mampu mengakomodir semua kebutuhan, tentu kapal Ro Ro bisa didatangkan lagi di Nunukan.  Karena jangan sampai di datangkan ke Nunukan, Ro Ro justru tidak efisien secara ekonomis.

 

Saat ini PT Pelni Nunukan memiliki dua armada yang melayani pengangkutan penumpang masing-masing KM Bukit Siguntang dan KM Umsini. Kedua kapal motor ini regular atau teratur kedatangnnya di Nunukan.

 

"Namun demikian, kalau kepentingan masyarakat Nunukan terkait kapal Ro Ro ini, tentunya ada unsur bisnis, ada pembebanan sosial. Kami melihat bahwa di Nunukan potensi angkutan mobil itu sangat tinggi," ujarnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemkab Nunukan Bisa Ajukan Kapal Ro-Ro

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2013/07/pemkab-nunukan-bisa-ajukan-kapal-ro-ro.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemkab Nunukan Bisa Ajukan Kapal Ro-Ro

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemkab Nunukan Bisa Ajukan Kapal Ro-Ro

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger