Angkutan Feri Ancam Mogok Operasi

Written By Unknown on Rabu, 24 April 2013 | 12.16

Tribun Kaltim - Rabu, 24 April 2013 12:34 WITA

JAKARTA, tribunkaltim.co.id - Seluruh armada feri di Indonesia akan berhenti beroperasi, berlayar jika kelangkaan solar tak diatasi. Gara-gara solar sulit didapat kendaraan darat, terjadi penurunan penyeberangan.

Demikian dikemukakan Wakil Ketua Umum Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai dan Penyeberangan, Bambang Harjo, kepada Kompas, Rabu (24/4/2013).

"Beberapa hari terakhir, tingkat keterisian penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni sudah turun 15 persen. Bila pasokan solar bersubsidi tidak ditambah, maka pergerakan truk dan bus pasti jauh berkurang," kata Bambang Harjo.

Setiap tahun, lintas Merak-Bakauheni dilintasi sekitar 25.000-26.000 orang per hari, dan menyeberangkan rata-rata 4.500 unit kendaraan bermotor. Dari 4.500 unit kendaraan bermotor itu, hanya sekitar 7 persen yang merupakan kendaraan pribadi pengonsumsi premium. Bus misalnya tercatat 4 persen, sedangkan truk hingga 20 persen.

"Untuk feri, operasional banyak terbantu oleh truk-truk dan bus-bus yang menyeberang. Kebanyakan juga pelanggan feri dari sejak puluhan tahun silam. Hubungan feri dan bus atau truk dengan demikian saling membantu," kata Bambang Harjo.

Kelangkaan solar bersubsidi di Jawa Timur, kata Bambang Harjo, juga menyurutkan volume kendaraan truk dan bus yang menyeberang dari Ketapang (Banyuwangi) ke Gilimanuk (Bali). "Bila penurunan jumlah kendaraan yang melintas terus terjadi, kami mogok berlayar," katanya.

Ditemui di Surabaya, pada hari Minggu (21/4/2013), Ketua DPD Organda Jawa Timur HB Mustofa, mengakui adanya kelangkaan solar bersubsidi. " Beberapa bus saya memang berhenti beroperasi karena tidak adanya solar," ujarnya.

Mustofa menegaskan, para pengusaha bus tampaknya tidak akan mogok beroperasi. "Sebelum menggelar aksi mogok kan sudah tidak beroperas karena memang tidak ada bahan bakar. Tanpa direncanakan kami akan stop operasi," ucap Mustofa.

Khusus mengenai pasokan solar bersubsidi untuk feri, kata Bambang Harjo, sejauh ini belum ada masalah. Hari Senin ini, pasokan solar masih tersedia. Namun entah besok (hari ini), kan tidak ada jaminan pasti,"  ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Angkutan Feri Ancam Mogok Operasi

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2013/04/angkutan-feri-ancam-mogok-operasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Angkutan Feri Ancam Mogok Operasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Angkutan Feri Ancam Mogok Operasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger