Tuduh TNI Terlibat di Lapas Sleman, Perkeruh Situasi

Written By Unknown on Rabu, 27 Maret 2013 | 12.16

Tribun Kaltim - Rabu, 27 Maret 2013 13:05 WITA

JAKARTA, tribunkaltim.co.id - Semua pihak diminta menahan diri sampai rampungnya investigasi Kepolisian terhadap penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cebongan, Sleman, DI Yogyakarta. Diharapkan, publik tidak langsung menuduh ada keterlibatan oknum Tentara Nasional Indonesia dalam peristiwa tersebut.

"Jangan terlalu pagi menuduh institusi tertentu di balik peristiwa itu. Tuduhan itu akan memperkeruh situasi dan menambah keresahan," kata anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Didi Irawadi Syamsuddin melalui pesan singkat, Selasa (27/3/2013).

Didi mengatakan, Kepolisian harus secepatnya mengungkap dan menangkap seluruh pelaku. Siapapun pelakunya, kata dia, harus diproses secara hukum dan dihukum berat.

"Aksi ala mafia yang menyerbu lapas baru pertama kali terjadi. Aksi gaya hukum rimba itu jelas sangat serius dan amat meresahkan. Biarlah proses hukum yang menyelesaikan persoalan ini," kata politisi Partai Demokrat itu.

Seperti diberitakan, gerombolan bersenjata api laras panjang, pistol, dan granat menyerang lapas. Awalnya, mereka mengaku dari Polda DI Yogyakarta sambil menunjukkan surat berkop polda. Mereka mengaku ingin membawa empat tersangka kasus pembunuhan Sersan Satu Santosa, anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Hugo's Cafe, Selasa lalu.

Mereka mengancam meledakkan lapas ketika permintaan ditolak pihak lapas. Akhirnya, petugas membukakan pintu dan belasan orang memakai penutup mata masuk. Mereka menyeret petugas lapas menunjukkan empat tahanan yang dicari.

Empat tahanan tersebut akhirnya ditembak mati. Mereka, yakni Gameliel Yermiyanto Rohi Riwu, Adrianus Candra Galaja, Hendrik Angel Sahetapi alias Deki, dan Yohanes Juan Manbait. Sebelum kabur, mereka juga membawa rekaman CCTV. Aksi itu hanya berlangsung 15 menit.

Awalnya, keempat tersangka ditahan di Polres Sleman, lalu dipindahkan ke Polda DI Yogyakarta tanggal 20 Maret. Pada Jumat 22 Maret, mereka dipindahkan ke Lapas Cebongan. Sabtu dini hari eksekusi terjadi.

Kasus itu masih dalam penyelidikan Kepolisian. Hanya saja, Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayor Jenderal Hardiono Saroso sudah membantah penembakan dilakukan anggota Kopassus. Kepala Seksi Intelijen Kopassus Grup-2 Kapten (Inf) Wahyu Yuniartoto juga membantah.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menginstruksikan Kepolisian harus dapat menangkap seluruh pelaku. Presiden menilai peristiwa itu sebagai serangan langsung terhadap kewibawaan negara. Selain telah menghasilkan ancaman serius terhadap rasa aman publik, Presiden menyatakan serangan itu juga menghancurkan kepercayaan publik terhadap supremasi hukum

 


Anda sedang membaca artikel tentang

Tuduh TNI Terlibat di Lapas Sleman, Perkeruh Situasi

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2013/03/tuduh-tni-terlibat-di-lapas-sleman.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tuduh TNI Terlibat di Lapas Sleman, Perkeruh Situasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tuduh TNI Terlibat di Lapas Sleman, Perkeruh Situasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger