AS Diam-diam Cairkan Dana untuk Palestina

Written By Unknown on Minggu, 24 Maret 2013 | 12.16

Tribun Kaltim - Minggu, 24 Maret 2013 10:56 WITA

SAUL LOEB / AFP

Presiden AS, Barack Obama dan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas menggelar jumpa pers bersama di Ramallah, Tepi Barat, Kamis (21/3/2013).

WASHINGTON DC,  tribunkaltim.co.id - Amerika Serikat, diam-diam mencairkan dana hampir sebesar 500 juta dolar AS atau hampir Rp 5 triliun untuk Palestina yang sempat dibekukan KOngres AS selama berbulan-bulan. Demikian pernyataan seorang pejabat senior AS, Jumat (22/3/2013) malam.

Kabar soal pencairan dana itu muncul, setelah Presiden Barack Obama bertemu dengan para petinggi Israel dan Palestina dalam kunjungannya ke Israel dan Tepi Barat, awal pekan ini.

"Hingga saat ini, kami sudah memindahkan uang sebesar 295,7 juta dolar dari tahun fiskal 2012 dan 200 juta dolar dari tahun fiskal 2013," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Victoria Nuland.

Pemerintahan Obama memberitahu Kongres pada akhir Februari bahwa pemerintah tengah mencari dana sebesar 200 juta dolar untuk kepentingan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) di Palestina.

Anggaran pertama, lanjut Nuland, sebesar 195,7 juta dolar yang dialokasikan untuk program ekonomi, pembangunan, dan bantuan kemanusiaan USAID di tahun anggaran 2012. Selain itu, dana sebesar 100 juta dolar dialokasikan khusus untuk pengendalian narkotika.

Sementara dana selanjutnya sebesar 200 juta dolar AS akan dicairkan dan bisa digunakan pemerintah Palestina pada anggaran 2013.

Pemerintah Palestina tengah menghadapi krisis ekonomi terburuk dalam beberapa tahun terakhir, salah satu penyebabnya adalah kegagalan negara donor memenuhi janji mereka.

Kondisi itu kemudian diperparah setelah Palestina mendapat perubahan status di PBB, pada November lalu. Kini Palestina memiliki status negara pengamat non-anggota.

Akibatnya, Israel yang mengecam keras tindakan Palestina dan keputusan PBB itu memblokir penyaluran dana pajak yang ditariknya atas nama Palestina.

 

Anda sedang membaca artikel tentang

AS Diam-diam Cairkan Dana untuk Palestina

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2013/03/as-diam-diam-cairkan-dana-untuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

AS Diam-diam Cairkan Dana untuk Palestina

namun jangan lupa untuk meletakkan link

AS Diam-diam Cairkan Dana untuk Palestina

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger