DPRD Balikpapan Anggap Larangan Galian C Tidak Efektif

Written By Unknown on Minggu, 03 Februari 2013 | 12.16

Tribun Kaltim - Minggu, 3 Februari 2013 09:55 WITA

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Izin penambangan galian C kembali dihembuskan oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Rencananya, tahun ini Pemkot akan mengajukan rancangan peraturan daerah tentang izin pengambilan dan pengolahan bahan galian C.

Usulan ini bahkan telah mendapat signal positif dari DPRD Balikpapan, dan akan dibahas dalam program legislasi daerah tahun 2013.

Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Abdullah mengatakan, pengambilan bahan galian C memang sangat diperlukan guna menunjang pembangunan kota sekaligus dapat digunakan oleh warga untuk membangun rumah dan fasilitas lainnya. Namun pengambilan bahan galian tersebut menurutnya tidak boleh dilakukan secara sembarangan, demi menjaga keseimbangan lingkungan.

"Balikpapan ini merupakan daerah membangun, kalau tidak ada galian C dari mana masyarakat mendapat bahan? Apalagi kontur tanah disini beda dengan di Jawa, berbukit dan cukup membahayakan bangunan yang berdiri di sekitarnya. Karena itu, sah-sah saja kalau galian C diizinkan, yang penting sesuai peruntukannya," ujarnya, Sabtu (2/2/2013).

Di sisi lain, Peraturan Walikota di zaman Imdaad Hamid yang sempat melarang izin penambangan galian C dinilai sudah tidak berjalan efektif. Pasalnya, warga tetap saja melakukan penambangan secara ilegal demi menunjang kebutuhan `papan' mereka.

"Daripada dilarang kan lebih baik diatur dengan baik. Lihat saja sekarang, yang ilegal tetap jalan, Pemkot juga tidak bisa beri sanksi karena memang aturannya tidak mengikat," jelas politisi Golkar ini.


Anda sedang membaca artikel tentang

DPRD Balikpapan Anggap Larangan Galian C Tidak Efektif

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2013/02/dprd-balikpapan-anggap-larangan-galian.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

DPRD Balikpapan Anggap Larangan Galian C Tidak Efektif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

DPRD Balikpapan Anggap Larangan Galian C Tidak Efektif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger