Sektor Perkebunan Nunukan Fokus Tiga Program

Written By Unknown on Minggu, 25 November 2012 | 12.16

Tribun Kaltim - Minggu, 25 November 2012 13:01 WITA

 
NUNUKAN,tribunkaltim.co.id- Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Nunukan  Cholid Mohammad mengatakan, untuk meningkatkan kesejahteraan para petani pihaknya masih fokus pada tiga program yakni kelapa sawit, cokelat dan karet.
"Masyarakat petani kita untuk sawit sudah memberikan hasil yang baik, kesejahteraan sudah kita rasakan. Kita masih fokus ke sawit sehingga program sawit kita tidak biarkan dengan harapan kemiskinan bisa berkurang melalui sawit," ujarnya.
Pihaknya juga selama ini terus memberikan perhatian kepada para petani. Dishutbun Nunukan memberikan bantuan kepada masyarakat miskin yang kurang mampu.
"Ini yang kita bantu, salah satunya petani kita yang ada di daerah pinggiran. Kita membantu pupuk untuk meningkatkan produksi sehinga produksi mereka meningkat," ujarnya.
Ia memastikan, pemerintah sudah banyak memberikan bantuan, memberikan dukungan kepada para petani.  "Pemerintah sudah banyak membantu," ujarnya.
Keterlibatan para penyuluh sebagai pembina para petani ini diharapkan pula dapat meningkatkan produksi para petani sehingga kemiskinan juga menurun.
Cholid mengatakan, untuk mendukung para petani tentunya Pemkab Nunukan perlu memperhatikan pemasaran.
"Inilah tengkulak ini yang harus dihilangkan. Perlu ada satu instansi terkait yang berfikir bagaimana caranya ktia memasarkan hasil-hasil pertanian kita," ujarnya.
Warga di Pulau Sebatik lebih beruntung, karena mereka dengan mudah bisa memasarkan hasil pertanian ke Malaysia. Begitu pula yang ada di Kecamatan Siemanggaris dan Kecamatan Sebuku karena sudah ada pabrik yang bisa menampung produksi sawit mereka. Namun untuk petani khususnya di Pulau Nunukan masih menghadapi kendala pada pemasaran.

"Kita minta instansi terkait supaya bisa memantu memasarkan hasil-hasil pertanian ini. Sementara kita di Dinas Kehutanan dan Perkebunan tujuan kita untuk peningkatkan produktivitas," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sektor Perkebunan Nunukan Fokus Tiga Program

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2012/11/sektor-perkebunan-nunukan-fokus-tiga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sektor Perkebunan Nunukan Fokus Tiga Program

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sektor Perkebunan Nunukan Fokus Tiga Program

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger