Harga Rumput Laut Naik, Petani Dihimbau Tingkatkan Produksi

Written By Unknown on Minggu, 25 November 2012 | 12.16

Tribun Kaltim - Minggu, 25 November 2012 10:53 WITA

NUNUKAN,tribunkaltim.co.id - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Nunukan Supriyanto mengatakan, saat ini harga rumput laut sedang naik hingga ke harga Rp7.500 perkilogramnya. Sebelumnya harga rumput laut berkisar antara Rp5.000 hingga Rp6.000 perkilogram.


Supriyanto mengatakan, kenaikan harga ini sebaiknya diikuti dengan peningkatkan produksi rumput laut. Namun ia juga mengingatkan peningkatkan produksi ini harus disertai dengan peningkatan kualitas rumput laut yang akan dijual ke pasar.


Ia mengatakan, harga Rp7.500 perkilogram ini sudah sangat bagus sehingga bisa menggairahkan para petani rumput laut untuk meningkatkan produksi.


Selama ini Pemkab Nunukan sudah berupaya meningkatkan kesejahteraan para petani rumput laut. Pihaknya berupaya memangkas pasar sehingga harga juga bisa lebih tinggi.


Upaya yang dilakukan misalnya langsung membawa para petani ke pabrik dan eksportir yang ada di Surabaya dan Jakarta.


"Ini sudah teken kontrak, bahkan mengirim langsung ke pabrik dan eksportir. Sekarang sudah bergairah karena hanga mencapai Rp7.500 perkilogram. Kita tinggal meningkatkan kualitas lagi. Jangan karena harga bagus langsung dijual-jual saja," ujarnya.


Dengan difasilitasi Pemkab Nunukan, 95 kepala keluarga petani rumput laut dari tujuh kelompok yang tergabung Gabungan Kelompok Perikanan (Gapokkan) Mamolo telah menandatangani kontrak dengan dua perusahaan masing-masing PT Asia Sejahtera Mina Surabaya dan PT Gumindo Pekrasa Industri Jakarta. Para petani disyaratkan untuk mengirimkan rumput laut dengan kandungan iar maksimal 33 persen dan tingkat kebersihan minimal  1 persen kotoran.


Kontrak ini berlaku selama 30 hari, setelah itu akan dilakukan kontrak baru dengan harga rumput laut yang terus menyesuaikan harga pasar.


Selain itu pihaknya juga berupaya meningkatkan produksi rumput laut dengan memberikan bantuan seperti mesin tempel 5 PK kepada kelompok petani pembudidaya rumput laut di Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik. Kecamatan Nunukan dan Kecamatan Nunukan Selatan dikenal sebagai penghasil rumput laut terbesar di Kabupaten Nunukan.


Supriyanto mengatakan, Kabupaten Nunukan merupakan produsen terbesar rumput laut di Kalimantan Timur. Dalam sebulan Kabupaten Nunukan bisa menghasilkan 600 ton rumput laut kering.


Anda sedang membaca artikel tentang

Harga Rumput Laut Naik, Petani Dihimbau Tingkatkan Produksi

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2012/11/harga-rumput-laut-naik-petani-dihimbau.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Harga Rumput Laut Naik, Petani Dihimbau Tingkatkan Produksi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Harga Rumput Laut Naik, Petani Dihimbau Tingkatkan Produksi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger