Sudah Ada Fasilitas Kesehatan Namun Masih Ada yang Berobat ke Dukun

Written By Unknown on Kamis, 12 Maret 2015 | 12.16

HASBUL (32), warga RT 03 Kanduangan Kecil memastikan, anaknya Hasri Misilan (6) sudah sembuh dari penyakit campak setelah mendapatkan perawatan selama sepekan."Dia kenanya sekitar dua minggu lalu," ujar Hasbul yang diamini Serlin (23) istrinya.

AWALNYA, Serlin tidak tahu bahwa anaknya sedang terkena campak. Dia mengira, sang anak hanya terserang kerumut dan demam biasa. "Nanti dokternya datang ke rumah baru kita tahu," ujarnya.

Begitu dipastikan positif terkena campak, sang anak diberi obat dan disuntik. "Tidak sampai seminggu sembuh," ujarnya.

Selama proses pengobatan, anaknya itu tidak diperbolehkan keluar rumah. "Dikasih obatan-obatan, tidak boleh main di luar. Di rumah saja main-main sendiri," katanya.

Hasri tidak pernah diimunisasi tertular campak dari teman-teman di lingkungannya. Serlin mengatakan, selama ini mereka hanya mengandalkan air hujan dan air sumur yang kebersihannya belum tentu terjamin. (Baca: KLB Campak, Murjani Buru Pasien hingga ke Kebun Sawit)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan mengatakan, sanitasi sangat berpengaruh untuk menularkan penyakit. Namun untuk kasus campak, yang lebih penting pada kebersihan tubuh masing-masing.

"Ini kan virus, artinya menyangkut kepada ketahanan tubuh, kebersihan tubuh. Beda dengan DBD misalnya sumber utama kebersihan lingkungan dari nyamuk. Tetapi kalau virus itu tergantung pada kebersihan orangnya dan gizi," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sudah Ada Fasilitas Kesehatan Namun Masih Ada yang Berobat ke Dukun

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/03/sudah-ada-fasilitas-kesehatan-namun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sudah Ada Fasilitas Kesehatan Namun Masih Ada yang Berobat ke Dukun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sudah Ada Fasilitas Kesehatan Namun Masih Ada yang Berobat ke Dukun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger