Pembebasan Visa Demi Datangkan Dolar Senilai Rp 13 Triliun

Written By Unknown on Jumat, 20 Maret 2015 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Pemerintah menambah daftar negara bebas visa sehingga jumlahnya menjadi 45 negara. Angka tersebut masih lebih rendah dibanding Malaysia (144) dan Thailand (56).

Kebijakan ini merupakan salah satu upaya pemerintah menghadapi melemahnya nilai tukar rupiah dengan menarik devisa dari pelancong. Rencananya kebijakan ini akan berlaku mulai pekan depan.

Penambahan negara bebas visa juga untuk mendukung target kunjungan 12 juta turis, meningkat dari tahun lalu yang hanya mencapai 9,4 juta.[Baca: Retno Sebut Indonesia Upayakan Bebas Visa Dua Arah]

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, "bebas visa ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan wisatawan mancanegara sehingga menggenjot penerimaan devisa," seperti dilansir dari KataData News & Research.

Tahun lalu, kontribusi sektor pariwisata sebesar US$ 11 miliar, setara 9 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Menurut Yahya, turis asing rata-rata mengeluarkan US$ 1.200 per orang. Bila target kunjungan tahun ini tercapai. Maka, akan ada tambahan devisa sekitar US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13 triliun dari sektor pariwisata.

Dari 15 negara yang sebelumnya bebas visa, pemerintah menambah 30 negara, yaitu 17 negara Eropa, enam negara Timur Tengah dan Afrika, tiga negara Amerika dan empat negara Asia dan Pasifik.[Baca: Menko Kemaritiman Pamer Paspor Bebas Visa ke Seluruh Dunia]

Australia, yang direncanakan masuk dalam negara bebas visa ke Indonesia, dicoret dengan alasan warga Indonesia yang berkunjung ke negara itu diwajibkan memiliki visa. "Jika kita memberi bebas visa ke Australia, kita harus diberi hal yang sama," tambah Yahya.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pembebasan Visa Demi Datangkan Dolar Senilai Rp 13 Triliun

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/03/pembebasan-visa-demi-datangkan-dolar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pembebasan Visa Demi Datangkan Dolar Senilai Rp 13 Triliun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pembebasan Visa Demi Datangkan Dolar Senilai Rp 13 Triliun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger