Parpol Ini Memilih Calon Parlemen Lewat Lotere

Written By Unknown on Rabu, 25 Februari 2015 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO - Metode pemilihan lewat lotere mungkin membuktikan bahwa parpol itu berkomitmen terhadap transparansi dibandingkan tradisi pemilihan calon secara tertutup.

Partai-partai politik di Meksiko berusaha keras meyakinkan pemilih bahwa calon-calon mereka tidak terkait dengan gang narkoba, kekerasan atau korupsi.

Tetapi ada satu partai yang berusaha membuktikan transparansi mereka dengan memilih calon-calonnya lewat lotere. (Baca juga: Nusyirwan Percaya Diri Hadapi Jaang)

Sekitar 3.000 bakal calon dari Partai Morena hari Minggu (22/2/2015) memasukkan nama mereka ke dalam sebuah drum di sebuah lapangan publik. Lebih dari 100 nama kemudian diambil secara acak untuk ikut dalam pemilu parlemen tanggal 7 Juni. Banyak di antara nama itu memiliki hanya sedikit pengalaman politik.

Kantor berita AP melaporkan bahwa Andres Manuel Lopez Obrador, pemimpin partai itu, mengatakan lotere itu menunjukkan semua calon berkesempatan untuk bersaing.(Baca terkait: Duh, 1 dari 7 Guru Bahasa Inggris Tidak Bisa Berbahasa Inggris)

Metode itu mungkin membuktikan bahwa partai itu berkomitmen terhadap transparansi dibandingkan tradisi dimana partai memilih calon-calonnya secara tertutup ataupun lewat konferensi.

Di Meksiko, hampir mustahil bagi seseorang untuk mencalonkan diri secara independen sehingga pencalonan oleh partai sangat penting. Orang-orang yang terkait gang narkoba sering menjadi calon partai di Meksiko dengan berjanji mendanai sendiri kampanye mereka.(VOA Indonesia)

Sejumlah partai lain juga berjanji mengajukan calon-calon yang bersih. Pada pemilu lokal, misalnya, partai-partai meminta kejaksaan agar merilis surat yang menyatakan calon-calon mereka tidak terlibat dalam kasus kejahatan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Parpol Ini Memilih Calon Parlemen Lewat Lotere

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/02/parpol-ini-memilih-calon-parlemen-lewat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Parpol Ini Memilih Calon Parlemen Lewat Lotere

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Parpol Ini Memilih Calon Parlemen Lewat Lotere

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger