Gubernur: Ada Perusahaan Tambang di Kaltim yang Serakah

Written By Unknown on Senin, 16 Februari 2015 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak menyindir sejumlah perusahaan pertambangan batubara di Kaltim yang disebutnya serakah. Mereka menguasai lahan yang sangat luas dan meminta izin untuk mengeruk sumberdaya alam dari bumi Kaltim sebesar mungkin.

Saat memberikan sambutan dalam seminar "Moratorium Pertambangan, Kehutanan, dan Perkebunan" di Samarinda, Senin (16/2), gubernur mengaku pernah didatangi petinggi perusahaan pertambangan batubara. Mereka meminta dirinya untuk memberikan surat rekomendasi menaikkan jumlah produksi batubara hingga 70 jota metrik ton per tahun.

"Itu perusahaan yang serakah. Saya tidak perlulah sebut namanya (perusahaan tersebut) di sini. Nanti ada wartawan malah jadi polemik lagi. Banyak yang seperti itu," kata Awang Faroek.

"Bagaimana logikanya, (produksi) dari 40 juta menjadi 70 juta metrik ton. Tapi selama ini saya justru banyak dikritik LSM karena dianggap memberikan izin (rekomendasi). Padahal tidak (memberikan rekomendasi). Ini kan Jatam tidak tahu apa yang saya telah lakukan," tambahnya. (Baca juga: Kenaikan Produksi KPC Dilakukan Secara Bertahap)

Hadir dalam seminar pejabat dari Kemendagri, Kementrian LH dan Kehutanan, Kementrian ESDM, dan Kementrian Pertanian yang menjadi narasumber. Juga Bupati Kutai Timur Isran Noor dan Pj Bupati Mahakam Ulu MS Ruslan.

Meski Awang Faroek tidak menyebutkan nama, dalam catatan Tribunkaltim.co, satu-satunya perusahaan pertambangan batubara di Kaltim yang pernah mengajukan izin menaikkan produksi 70 juta metrik ton hanyalah PT Kaltim Prima Coal (KPC). Wilayah konsesi KPC berada di Sangatta, dan saat ini sudah memperluas ke Bengalon, Kutai Timur.

Rencana menaikkan produksi batubara itu pernah diajukan sekitar tahun 2010. KPC sudah mendapat lampu hijau dari berbagai pihak terkait. Namun rencana itu urung dilakukan, karena adanya kendala internal dan eksternal.


Anda sedang membaca artikel tentang

Gubernur: Ada Perusahaan Tambang di Kaltim yang Serakah

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/02/gubernur-ada-perusahaan-tambang-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gubernur: Ada Perusahaan Tambang di Kaltim yang Serakah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gubernur: Ada Perusahaan Tambang di Kaltim yang Serakah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger