Wartawan Jepang Diculik ISIS Saat Hendak Selamatkan Teman

Written By Unknown on Kamis, 22 Januari 2015 | 12.16

TRIBUNKALTIM.CO, TOKYO - Sebuah pertemanan yang tampaknya tidak mungkin menyatukan nasib koresponden perang Kenji Goto dan seorang penyendiri bermasalah Haruna Yukawa. Mereka merupakan dua warga Jepang yang kini disandera kaum militan Negara Islam atau ISIS. Kelompok itu, pekan ini, menuntut uang tebusan sebesar 200 juta dollar AS atau Rp 2,5 triliun kepada pemerintah Jepang sebagai syarat bagi pembebasan kedua orang itu.

Yukawa ditangkap Agustus lalu di luar Aleppo. Goto, yang kembali ke Suriah pada akhir Oktober untuk membantu menyelamatkan temannya tersebut, hilang sejak itu.

Bagi Yukawa, yang bercita-cita menjadi seorang kontraktor militer, bepergian ke Suriah telah menjadi bagian dari sebuah upaya untuk mengubah hidupnya setelah bangkrut, kehilangan istrinya karena kanker dan mencoba bunuh diri. Demikian menurut sejumlah rekan dan pernyataannya sendiri. (BACA: Saudi Bangun Tembok Sepanjang 1.000 Kilometer Cegah Serangan ISIS)

Sebuah unit di Departemen Luar Negeri Jepang telah mencari informasi tentang dirinya sejak Agustus. Orang-orang yang terlibat dalam upaya tersebut mengungkapkan hal itu.

Hilangnya Goto tidak dilaporkan sampai video pada Selasa lalu muncul yang memperlihatkan dirinya dan Yukawa berlutut dengan mengenakan t-shirt warna oranye di samping seorang militan ISIS bertopeng yang memegang pisau.

Yukawa pertama kali bertemu Goto di Suriah pada April lalu. Yukawa lalu meminta Goto untuk membawanya ke Irak. Dia ingin tahu bagaimana bekerja di zona konflik. Mereka lalu pergi bersama-sama pada Juni.

"Yukawa itu kasihan dan tidak tahu apa yang sedang dia lakukan. Dia membutuhkan seseorang yang berpengalaman untuk membantunya," kata Goto kepada Reuters. (BACA: Uskup Agung: ISIS Bukan Islam yang Saya Kenal)


Anda sedang membaca artikel tentang

Wartawan Jepang Diculik ISIS Saat Hendak Selamatkan Teman

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2015/01/wartawan-jepang-diculik-isis-saat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wartawan Jepang Diculik ISIS Saat Hendak Selamatkan Teman

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wartawan Jepang Diculik ISIS Saat Hendak Selamatkan Teman

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger