Toilet Kantor Walikota Kini Sudah Bersih dan Harum

Written By Unknown on Kamis, 11 Desember 2014 | 12.17

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kondisi toilet di kantor Walikota Balikpapan yang sebelumnya jorok dan sempat menjadi sorotan anggota Komisi IX DPR RI ketika berkunjung, Selasa (9/12/2014) lalu, kini sudah jauh lebih bersih.

Jika sebelumnya pemandangan yang tersaji ketika membuka pintu toilet berupa tisu bekas dan puntung rokok yang berserakan di beberapa titik, kini benda-benda tersebut tak lagi terlihat. Bau pesing dari dalam toilet, kemarin tercium aroma harum semerbak. Ruangan toilet yang terdiri dua toilet berdiri dan sebuah toilet duduk kini sudah terang benderang. (Baca: Ribka Tjiptaning Soroti Toilet Kotor di Kantor Pemkot Balikpapan)

Hanya saja, kran air di wastafel ketika diputar belum mengalirkan air. Begitu pula dengan pintu utama toilet yang belum bisa terkunci sempurna. Petugas menyarankan agar tamu yang ingin menggunakan toilet membawa teman untuk menjaga pintu di depan.

Aris, petugas jaga toilet di kantor Walikota saat ditemui TRIBUNKALTIM.CO, Rabu (10/12/2014) mengaku rutin memantau toilet yang berada tak jauh dari ruang Walikota dan Wakil Walikota tersebut.

"Biasanya, kalau ada yang keluar masuk saya langsung ke dalam melihat sampah. Kalau ada sampah langsung saya ambil, jadi selalu terjaga kebersihannya, " kata Aris yang mengaku sudah hampit 2 tahun menjadi petugas kebersihan.

Namun belakangan lanjut Aris, sejak lima toilet lainnya diperbaiki, terpaksa hanya satu toilet yang menjadi bagian tugasnya digunakan untuk pria dan wanita sekaligus. Hal itulah yang membuatnya tidak bisa setiap saat memantau sampah. Termasuk ketika anggota Komisi IX DPR RI berkunjung.

Untuk memastikan bahwa yang sedang menggunakan toilet itu wanita atau pria, Aris juga mengaku harus memantau beberapa saat sambil menunggu tamu keluar toilet. Terkait komentar keras dari anggota Komisi IX yang menilai toilet kantor walikota jorok toilet, Aris mengaku sudah mendapat teguran.

"Kalau ditegur itu pasti, tapi ya sudah risiko," kata Aris tanpa menyebut siapa yang memberi teguran.

Pelaksana Tugas Kepala Bagian Umum Setkot Balikpapan Ismir ketika ditemui di ruangannya mengatakan, semua toilet yang direnovasi dalam keadaan baik. Hanya saja perlu ada perbaikan seperti pemisahan toilet pria dan wanita, penambahan penerangan, pengecatan ulang dinding, serta penambahan beberapa aksesoris lainnya. Khusus untuk tamu saat ada acara di aula utama sebenarnya sudah disiapkan. Ditargetkan, renovasi seluruh toilet yang sudah dua minggu berlangsung ini akan selesai dua hari ke depan.

"Di aula itu sudah mau kita buat, bukan toilet VIP sih. Tapi yang layak dan wajarlah, baguslah," kata Ismir.
Untuk kebersihan, satu orang cleaning service bertanggung jawab satu toilet. Terkait permintaan Wakil Walikota Balikpapan Heru Bambang yang meminta ada petugas jaga pintu, menurutnya akan diakomodir.

"Mungkin nanti bisa penambahan personel," kata Ismir. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Toilet Kantor Walikota Kini Sudah Bersih dan Harum

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/12/toilet-kantor-walikota-kini-sudah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Toilet Kantor Walikota Kini Sudah Bersih dan Harum

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Toilet Kantor Walikota Kini Sudah Bersih dan Harum

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger