Pemkab Penajam Paser Utara Siapkan Block Plant di KIB

Written By Unknown on Kamis, 25 September 2014 | 12.16

PENAJAM, tribunkaltim.co.id - Keseriusan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) membantu terwujudnya industri otomotif di Kawasan Industri Buluminung (KIB), Kecamatan Penajam terus dilakukan. Tak tanggung-tanggung, Bupati PPU Yusran Aspar langsung memanggil Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Bagian Ekonomi guna membahas rencana tersebut.

Hal itu dikemukakan Plt Kepala Bappeda PPU Puguh Sumitro usai melakukan pertemuan di kediaman bupati, Rabu (24/9) siang. Puguh mengatakan, pihaknya langsung diajak berdiskusi bersama dengan Bagian Ekonomi guna membahas langkah selanjutnya mengenai rencana industri otomotif.

Puguh menjelaskan, dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai kesiapan Pemkab PPU membangun KIB. Salah satu yang disiapkan infrastruktur dalam KIB agar bisa lebih memudahkan para investor.

"Tadi Bagian Ekonomi diperintahkan melakukan koordinasi dengan Badan Perizinan Kaltim menanyakan keinginan investor tersebut. Jadi nanti kami bisa segera mengambil langkah-langkah selanjutnya guna membantu investor yang akan masuk itu," jelasnya.

Bagi Puguh jika investor tersebut akan masuk ke KIB, maka tidak akan mengalami kendala. Karena KIB itu sendiri sudah masuk dalam legalitas Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) PPU serta kerangka RPJMD PPU. Meski demikian, pihaknya masih akan melakukan penyusunan untuk menetapkan block plant di KIB tersebut.

Nantinya block plant tersebut akan membagi wilayah di KIB seperti zona industri manufaktur dan zona  perkebunan dan perikanam serta turunannya. "Malah di KIB itu sesuai RTRW kami seluas 4.800 hektare. Pak Bupati meminta agar KIB kembali diperluas untuk jangka panjang nanti," ucapnya.

Meskipun nanti dalam perluasan itu ada pemukiman, Puguh mengatakan tidak menjadi masalah. Bahkan nantinya pemukiman warga itu akan dibenahi tanpa dilakukan penggusuran. Keuntungan yang bisa dirasakan masyarakat bila ada perluasan KIB ini, hunian yang tidak layak akan dibangun hunian yang layak guna mendukung kegiatan industri nantinya.

Puguh menambahkan, untuk mobilisasi di KIB akan lebih mudah karena untuk menghubungkan Balikpapan termasuk Kawasan Industri Kariangau (KIK) sangat mudah. Karena nanti akan dibangun akses jalan pendekat menuju jembatan Pulau Balang dengan lebar jalan mencapai 50 meter.

Bukan hanya itu, pelabuhan sandar yang telah dibangun Pemkab PPU juga telah ditetapkan menjadi pelabuhan nasional untuk industri CPO dan batu bara. Mengenai fasilitas lain seperti air bersih, tidak perlu khawatir karena akan air bersih akan disuplai dari Bendungan Lawe-lawe dan jaringan air bersih akan dibangun menuju KIB.

"Power plant sendiri sudah ada investor yang mengajukan keinginan untuk membangun di KIB. Kami belum setujui karena masih menunggu penentuan block plant ini. Mudah-mudahan awal tahun sudah bisa disusun," harapnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemkab Penajam Paser Utara Siapkan Block Plant di KIB

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/09/pemkab-penajam-paser-utara-siapkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemkab Penajam Paser Utara Siapkan Block Plant di KIB

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemkab Penajam Paser Utara Siapkan Block Plant di KIB

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger