Idul Fitri Listrik Padam, Ini Penjelasan PT PLN

Written By Unknown on Senin, 28 Juli 2014 | 12.16

NUNUKAN,tribunkaltim.co.id- Beberapa hari belakangan ini terjadi byarpet listrik dengan frekuensi yang sangat sering di Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik. Bahkan saat warga Muslim merayakan Idul Fitri, Senin (28/7/2014), byarpet masih juga terjadi.

Manager Rayon PT PLN Persero Nunukan Uris Madan memastikan terjadinya pemadaman mendadak ini bukan karena kerusakan pada Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Sebaung.

"Ini gangguan jaringan, tidak kita harapkan ini tidak terjadi. Kita berdoa semoga tidak masalah lagi saat Idul Fitri. Mohon maaf atas kondisi ini. Sebenarnya kita tidak menginginkan dalam suasana Lebaran ada seperti ini yah," ujarnya.

Dia menyebutkan, ada dua titik kerusakan jaringan yang telah ditemukan.
Satu titik berada di Simpang Kadir, Sedadap, Kecamatan Nunukan Selatan. Sementara satu titik lainnya berada di Sungai Lancang, Kecamatan Nunukan Selatan.

"Ini kita sudah monitor kabel laut, mudahan tidak ada gangguan. Itu gangguan jaringan. Kalau dari Sebaung tidak masalah," ujarnya.

Uris memastikan, gangguan jaringan ini tidak pemanen. Hanya saja diakui sangat sulit untuk menemukan titik kerusakan jaringan.

"Jadi begitu kita masuk ke sistem, nanti kompenen jaringan yang rusak itu jenuh baru dia trip lagi. Jadi untuk mengetahui mana yang rusak titiknya, itu kami memang agak punya waktu lama untuk memastikannya. Tetapi ini sudah dua titik yang ketemu," ujarnya.

Saat ini PLTMG Sebaung diback up dengan mesin dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Sungai Bilal.

"Kalau PLTS cuma 2 megawattt, sementara beban total 8 megawatt," ujarnya.

Dalam keadaan normal, PLTMG Sebaung bisa menghasilkan daya hingga 8 MW. Daya listrik dari PLTMG Sebaung disalurkan ke Pulau Nunukan melalui kabel listrik bawah laut dan jaringan saluran udara tegangan menengah (SUTEM) 20 kpa sepanjang 15 kilometer.

Sementara dari Pulau Nunukan menuju Pulau Sebatik terpasang kabel jaringan SUTEM dan kabel bawah laut sepanjang 3,5 kilometer. Proyek tersebut merupakan investasi PT PLN Persero senilai sekitar Rp 200 miliar.

"Kami mohon maaf karena gangguan ini," kata Uris.


Anda sedang membaca artikel tentang

Idul Fitri Listrik Padam, Ini Penjelasan PT PLN

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/07/idul-fitri-listrik-padam-ini-penjelasan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Idul Fitri Listrik Padam, Ini Penjelasan PT PLN

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Idul Fitri Listrik Padam, Ini Penjelasan PT PLN

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger