Okupansi Melorot, Hotel di Balikpapan Andalkan Promo Restoran

Written By Unknown on Rabu, 25 Juni 2014 | 12.16

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id  - Tingkat keterisian kamar hotel memasuki bulan ramadhan nanti diproyeksikan bakal kembali melorot. Berkurangnya kegiatan bisnis dan penyelenggaraan pertemuan bisnis selama bulan ramadan nanti menjadi salah satu faktor yang menyebabkan penurunan okupansi hotel.


"Penurunan okupansi diperkirakan berkisar 10-15 persen, menjadi 60 persen yang sebelumnya bisa mencapai 80 persen. Hanya saja di Hotel Blue Sky, kondisi ini biasanya terjadi pada dua minggu sebelum Lebaran karena masyarakat mulai disibukkan dengan agenda mudik.  Sedangkan pada minggu pertama dan kedua bulan ramadan masih naik turun saja," kata Bambang Heru Sulaksono, Manager Public Relations Hotel Blue Sky, Selasa (24/6).


Kendati mengalami penurunan dari sisi okupansi, bulan ramadhan dalam beberapa hari ke depan diproyeksikan akan kembali mencetak peningkatan pendapatan dari sisi food and beverages (F&B). Berbuka puasa bersama di hotel memang telah menjadi event rutin yang digelar berbagai institusi, maupun keluarga yang ingin menggelar buka puasa spesial.


"Tahun lalu untuk F&B bisa naik hingga 100 persen. Apalagi ditunjang dengan paket berbuka puasa yang kami sediakan dengan menu-menu spesial. Kami proyeksikan pada bulan ramadhan ini juga akan sama seperti tahun lalu," paparnya.


Yulidar Gani, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Balikpapan mengungkapkan, penurunan okupansi hotel selama bulan ramadan memang terjadi hampir setiap tahun. Tingkat okupansi pada periode tersebut bahkan bisa mencapai 40 hingga 50 persen. Padahal normalnya, okupansi hotel bisa mencapai 70 persen bahkan lebih dari 80 persen.


"Penurunan okupansi biasanya disiasati dengan menawarkan paket dan diskon selama bulan ramadhan," kata Yulidar.


Kendati demikian, Yulidar berharap keikutsertaan dari stakeholder pariwisata untuk menggelar event selama bulan ramadhan, sehingga bisa turut mendorong okupansi hotel. Festival Kuliner yang rencananya digelar bulan ramadhan nanti, kata Yulidar juga menjadi salah satu event yang diharapkan mampu mendorong kunjungan masyarakat ke Balikpapan. Festival kuliner ini nantinya akan diikuti berbagai hotel berbintang di Balikpapan dan menyediakan hidangan lezat ala hotel. "Rencananya akan kami gelar di mall atau lokasi yang ramai," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Okupansi Melorot, Hotel di Balikpapan Andalkan Promo Restoran

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/06/okupansi-melorot-hotel-di-balikpapan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Okupansi Melorot, Hotel di Balikpapan Andalkan Promo Restoran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Okupansi Melorot, Hotel di Balikpapan Andalkan Promo Restoran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger