Gugatan Yusril Soal Pemilu Serentak Berpotensi Ditolak

Written By Unknown on Jumat, 17 Januari 2014 | 12.16

JAKARTA - Respon terhadap usulan pelaksanaan Pilpres dan Pileg diadakan serentak oleh Yusril Ihza bermunculan.Yusril mengharapkan proses pemilu yang lebih efisien dan murah. MK, seperti diberitakan telah 4 kali menolak gugatan UU Pilpres. Menurut Deklarator Gerakan Anti Mafia Hukum (2010) Taufik Basari, pengajuan gugatan yang dilakukan Yusril berpotensi di tolak oleh MK karena gugatan tersebut sudah pernah dilakukan sebelumnya dan ditolak, kecuali Yusril memiliki alasan-alasan baru yang berbeda.

Menurut Taufik Basari, "Jika dipaksakan untuk mengajukan kembali ada potensi ditolak dengan alasan nebis in idem, perkara yang sudah diajukan, tidak boleh diajukan kembali, kecuali Yusril punya alasan dan memiliki batu uji yang berbeda," ujar Taufik dalam keterangan pers yang diterima Tribunnews.com, Jumat (17/1/2014).

Perubahan desain pemilu yang diajukan Yusril, kata Taufik, tidak seharusnya dilakukan saat ini, karena saat ini Indonesia sedang melaksanakan tahapan-tahapan pemilu yang sudah berjalan, dan tahapan itu sudah dilakukan dengan sedemikian rupa dan mendalam. Jika MK menyetujui gugatan tersebut maka perubahan akan dilakukan, secara fundamental pasti juga akan menyebabkan kerugian bagi peserta pemilu.

"Rakyat sudah siap dengan rencana awal. Perubahan tersebut akan mengganggu agenda awal dan jika ingin melakukan perubahan sebaiknya tidak dilakukan sekarang," kata pria lulusan Northwestern University, Chicago, USA.

Taufik menambahkan bahwa pengajuan gugatan untuk melaksanakan Pileg dan Pilpres serentak akan menurunkan kualitas pemilu legislatif. Usulan Prof. Yusril menempatkan Pilpres ke dalam bagian yang terpenting. Padahal pileg dan pilpres adalah dua hal yang berbeda, satu memilih wakil rakyat di parlemen satu lagi untuk ekskutif. Masyarakat akan menilai semata-mata untuk kekuasaan bukan untuk memilih wakilnya dan memilih presiden tanpa melihat calegnya.

"Mereka akan melihat calegnya sesuai capres yang diusung karena tidak dilirik. dan ini menurut saya akan melemahkan lembaga parlemen. pemilu terhenti oleh sosok presiden. Kemudian kualitasnya jadi berat sebelah, padahal sesuatu yang sangat penting juga memilih wakil rakyat yang baik," tandasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Gugatan Yusril Soal Pemilu Serentak Berpotensi Ditolak

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2014/01/gugatan-yusril-soal-pemilu-serentak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gugatan Yusril Soal Pemilu Serentak Berpotensi Ditolak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gugatan Yusril Soal Pemilu Serentak Berpotensi Ditolak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger