Warga Minta PBB Gelar Pesta Rakyat HUT RI

Written By Unknown on Jumat, 16 Agustus 2013 | 12.16

NUNUKAN, tribunkaltim.co.id - Sejumlah warga Dusun Sungai Lancang dan Mamolo, Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Nunukan Selatan meminta Pengurus DPC Partai Bulan Bintang Nunukan menggelar pesta rakyat dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tahun 2013. 

Hal ini disampaikan tokoh Masyarakat Lancang, Petta Serre saat open house di kediaman pribadi Ketua DPC PBB Nunukan Nardi Azis.

"Saya sengaja datang untuk menyampaikan aspirasi masyarakat, kepada Pengurus DPC PBB untuk melakukan kegiatan Pesta Rakyat, dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 68," katanya.

Petta Serre  mengaku datang bersama anggota masyarakat lainnya, dan mendapat respon positif dari Nardi Azis.
Atas permintaan warga ini, jajaran Pengurus DPC PBB Nunukan memberikan apresiasi dengan merencanakan menggelar pesta rakyat pada 17-18 Agustus 2013, yang di pusatkan di lapangan Sepak Bola Dusun Sungai Lancang.

Nardi Azis mengatakan, agar semua elemen masyarakat turut menikmati pesta rakyat ini, akan digelar beberapa kegiatan diantaranya, pertandingan sepak bola dangdut  pria dewasa mengenakan daster dan pemerah bibir, lomba domino berpasangan suami isteri serta tarik tambang. 

Sementara untuk anak-anak juga diadakan perlombaan lari karung, lari kelereng, lomba makan kerupuk. Dan yang tidak kalah menarik adalah lomba tarian Mappadendang.

Mappadendang, demikian warga Bugis menyebut permainan yang juga merupakan salah satu jenis tarian tradisonal daerah Bugis.

Permainan yang mencerminkan jalinan kerjasama sebagai gambaran kebersamaan dan gotong royong ini umumnya digemari sebagian besar kalangan anak-anak maupun remaja di Lancang. Namun sayang permainan tari tradisional Mappadendang kini sudah sangat jarang dijumpai.

Jenis tarian ini mengandalkan kecepatan tangan dan pikiran untuk mengatur irama suara lesung hingga mengeluarkan nada yang mampu memikat hati dan menunjukkkan kekompakan, kebersamaan serta rasa gotong-royong.
Hiburan yang mempertontonkan tarian yang mengikuti irama dentuman lesung diharapkan mampu mengangkat nilai-nilai kebersamaan dalam seni budaya Bugis. 

Nardi mengatakan, pesta rakyat ini juga akan dimeriahkan panggung hiburan musik modern serta beragam atraksi lainnya diantaranya, lomba-lomba permainan tradisional Indonesia tiap merayakan HUT Kemerdekaan.

"Akan ada lomba-lomba terkait 17-an seperti sepakbola dangdut, balap karung, makan kerupuk, dan lain-lain,"  ujarnya.
Pada puncak acara Minggu malam, dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba, yang dilanjutkan dengan penyerapan aspirasi rakyat melalui kegiatan reses anggot Fraksi Bulan Bintang DPRD Kabupaten Nunukan.

"Setelah menghibur rakyat dengan pesta rakyat kegitan ini ditutup dengan penyerapan aspirasi rakyat melalui reses Anggota DPRD Fraksi Bulan Bintang Nunukan,"ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Minta PBB Gelar Pesta Rakyat HUT RI

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2013/08/warga-minta-pbb-gelar-pesta-rakyat-hut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Minta PBB Gelar Pesta Rakyat HUT RI

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Minta PBB Gelar Pesta Rakyat HUT RI

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger