Penerimaan Siswa Baru di Berau Kacau

Written By Unknown on Selasa, 25 Juni 2013 | 12.17

TANJUNG REDEB, tribunkaltim.co.id – Karut marut Penerimaan Siswa Baru (PSB) di Kabupaten Berau masih terjadi. Akibatnya, sempat terjadi kisruh di salah satu rayon PSB, yakni PSB Rayon III yang ada di SMP Negeri 9 Tanjung Redeb.

Puluhan orangtua siswa memprotes sistem PSB. Pasalnya, mereka kebingungan mencari sekolah alternatif bagi  anak-anak mereka yang dinyatakan tidak lulus seleksi. Rayon III sendiri membawahi empat sekolah, di antaranya SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 9 dan SMP Negeri 14.

Namun ke empat sekolah tersebut, tetap membuka PSB dan menentukan kuota masing-masing secara bersamaan. Akibatnya, siswa yang dinyatakan tidak lulus seleksi tidak bisa mendaftar lagi di sekolah lain yang ada dalam Rayon III. Para orangtua murid pun melancarkan aksi protes dengan mendatangi Kepala Sekolah SMP Negeri 9 yang juga sekaligus Ketua Rayon III, Andi Maaruf.

 "Bagaimana ini nasib anak-anak kita, mau disekolahkan di mana? Semua sekolah yang ada di Rayon III kuotanya sudah penuh," kata seorang ibu yang ikut memprotes sistem PSB, Senin (24/6/2013). Orangtua murid semakin geram ketika mengetahui banyak siswa yang nilainya lebih rendah ternyata lolos seleksi.

Sekadar diketahui, PSB kali ini menerapkan akumulasi nilai Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) dan rapot. "Tapi kenapa anak yang nilainya hanya 6,4 diterima, sedangkan anak yang nilainya 80 justru tidak lolos seleksi?" ujarnya heran.

Orangtua murid pun curiga ada praktik calo PSB. Mereka pun curiga ada murid yang seharusnya dari rayon lain ternyata masuk di Rayon III. Sistem rayon ini dimaksudkan untuk mengurangi penumpukan PSB, dengan sistem ini, siswa yang mendaftar sekolah, selain ditentukan nilai juga ditentukan secara kewilayahan, sesuai domisili siswa. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Penerimaan Siswa Baru di Berau Kacau

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2013/06/penerimaan-siswa-baru-di-berau-kacau.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penerimaan Siswa Baru di Berau Kacau

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penerimaan Siswa Baru di Berau Kacau

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger