Inisiatornya, tak lain adalah Kepala Sekolah SMANDA, Sumariyah. Sumariyah mengaku sengaja meminta seluruh murid kelas III, membawa baju olahraga ke sekolah setelah mendapat informasi bahwa jadwal pelaksanaan UN hari ini kembali ditunda, pukul 24.00 Wita, semalam.

"Dari tadi malam, kami sudah kirimkan pesan berantai kepada seluruh murid kalau UN ditunda. Cuma saya supaya tetap hadir dengan membawa baju olahraga," ujar Sumariyah.

Ia mengaku sengaja mengajak seluruh murid kelas III senam bersama untuk menghilangkan stress, menunggu UN. Usai senam, para siswa juga dibebaskan bermain bola dan volly di halaman sekolah. "Biar semangat mereka tetap terjaga sampai pelaksanaan UN," katanya.

Selain melakukan senam bersama, Sumariyah juga mengaku sempat menawarkan kesediaan kepada anak didiknya untuk mengikuti bimbingan belajar. Namun mayoritas siswa tidak berminat lagi untuk membahas soal UN.  "Katanya capek, maunya istirahat aja. Ya kami juga tidak paksakan, karena khawatir malah jadi beban," ungkapnya.(*)