Penyertaan Modal Kabupaten Nunukan Terkecil di Bankaltim

Written By Unknown on Kamis, 14 Februari 2013 | 12.16

Tribun Kaltim - Kamis, 14 Februari 2013 12:17 WITA

NUNUKAN,tribunkaltim.co.id- Dari 14 kabupaten/kota di Kaltim, Kabupaten Nunukan ternyata memilik penyertaan modal terkecil di Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur atau Bankaltim.

"Kabupaten Nunukan terkecil dari seluruh kabupaten/kota di Kaltim," kata Kepala Cabang BPD Kaltim Nunukan Dicky Zulkarnain, Kamis (14/2/2013) ditemui disela Peresmian dan Pembukaan Kantor Cabang Pembantu Sanur, Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur.

Direktur Utama BPD Kaltim Zainuddin Fanani mengatakan, sampai saat ini penyertaan modal Kabupaten Nunukan mencapai Rp23,3 miliar dari Rp2,5 triliun, modal yang dimiliki BPD Kaltim.

Dari penyertaan modal dimaksud, pada tahun 2012 Kabupaten Nunukan mendapatkan deviden sebesar Rp3,2 miliar. "Kalau Nunukan setor lagi, yah nambah lagi deviden," kata Zainuddin saat meresmikan kantor cabang pembantu yang akan melayani warga di Kecamatan Sebuku dan Kecamatan Tulin Onsoi.

Dari seluruh bank yang didirikan pemerintah daerah di seluruh Indonesia, BPD Kaltim memiliki modal terbesar.

Modal ini salah satunya digunakan untuk mendirikan cabang dan cabang pembantu, serta disalurkan dalam bentuk kredit kepada masyarakat.
Untuk Kabupaten Nunukan, hingga Desember 2012, jumlah kredit yang telah disalurkan mencapai Rp287 miliar.

"Kredit yang sudah disalurkan untuk masyarakat Kabupaten Nunukan ini sangat besar dibandingkan setoran modal Rp23,3 miliar. Ini ada dana masyarakat yang angkanya lebih,' ujarnya.

Ia mengatakan, semakin banyak nasabah yang membawa uang, otomatis dana itu dikembalikan kemasyarakat dalam bentuk kredit. "Uang yang kami simpan dibayar bunganya. Kalau tidak disalurkan dalam bentuk kredit, BPD rugi. Nanti hanya satu atau dua tahun bisa tutup," ujarnya.

Saat ini aset BPD Kaltim di Kabupaten Nunukan hingga Desember 2012 mencapai Rp564,4 miliar dengan dana pihak ketiga Rp525 miliar serta kredit yang disalurkan mencapai Rp287 miliar.

Untuk ukuran kelas tiga, BPD Kaltim Cabang Nunukan sudah sangat bagus.
"Dengan penambahan cabang pembantu diharapkan aset meningkat sehingga kredit juga meningkat," ujarnya.

Saat ini BPD Cabang Nunukan telah membuka kantor cabang pembantu masing-masing Kantor Cabang Pembantu Kecamatan Sebatik, Kantor Cabang Pembantu Mansalong, Kantor Cabang Pembantu Kecamatan Krayan dan Kantor Cabang Pembantu Sedadap serta yang terakhir Kantor Cabang Pembantu Sanur. 

"Ratusan juta uang mengalir dari sini (Sanur) keluar. Selama ini mereka mengirimkan uang melalui Kantor Pos. Dengan kehadirannya di sini, Bank Kaltm yang juga milik Pemkab Nunukan, otomatis masyarakat di sini juga memilikinya, bisa semakin membantu masyarakat," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Penyertaan Modal Kabupaten Nunukan Terkecil di Bankaltim

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2013/02/penyertaan-modal-kabupaten-nunukan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penyertaan Modal Kabupaten Nunukan Terkecil di Bankaltim

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penyertaan Modal Kabupaten Nunukan Terkecil di Bankaltim

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger