Glasgow Celtic Tak Takut Messi

Written By Unknown on Selasa, 23 Oktober 2012 | 12.16

Tribun Kaltim - Selasa, 23 Oktober 2012 12:13 WITA

Tribunkaltim.co.id- Barcelona masih mampu menjaga kesempurnaan sebagai tim yang belum kalah saat Liga Champions Eropa memasuki matchday ketiga. Tim Catalan bergabung dengan enam kontestan lainnya FC Porto, Arsenal, Malaga, Real Madrid, BATE Borisov dan Manchester United.

Ketujuhnya memuncaki grup masing-masing. Hanya Chelsea satu-satunya pemuncak klasemen yang tidak menyandang status sempurna. The Blues menang satu kali dan bermain imbang satu kali.

Tengah pekan ini Barcelona berharap bisa melanjutkan trend kemenangan tersebut saat menjamu wakil Skotlandia, Celtic, di Stadion Camp Nou, Rabu (24/10/2012) dini hari. "Kami berharap bisa melanjutkan kemenangan. Saya melihat para pemain memiliki hasrat besar untuk terus mendapatkan kemenangan. Kami wajib menjaga momentum seperti ini," kata Pelatih Barcelona Tito Vilanova dilansir situs Barca, Senin (22/10/2012).

Barcelona memiliki catatan yang bagus setiap kali berjumpa jagoan asal Skotlandia tersebut. Dari enam pertemuan, Blaugrana mengantongi tiga kemenangan, dua kali imbang, dan sekali kalah.

Pada pertemuan terakhir, Maret 2008, Barcelona sukses menekuk Celtic dengan skor 1-0 di Camp Nou. Lionel Messi sepertinya tidak akan menemui kesulitan berarti untuk meneruskan torehan golnya. Namun demikian, nama besar Messi dan Barcelona tidak membuat gentar kubu Celtic. Bek Efe Ambrose bahkan berjanji dan yakin mampu mematikan La Pulga saat jumpa nanti.

"Saya tidak asing dengan Lionel Messi karena saya berada di tim nasional Nigeria U-23 yang bermain melawan Argentina pada final Olimpiade 2008. Saya juga bermain dengan dia di pertandingan persahabatan di Bangladesh tahun lalu. Jadi, dia bukan masalah bagi saya karena saya akan melakukan yang terbaik ketika Celtic dan Barcelona bertemu di Liga Champions," ujar Ambrose.

Barcelona diprediksi masih akan tampil tanpa dua bek tengah utamanya, Carles Puyol dan Gerard Pique, sehingga masih harus memainkan bek tengah alternatif. Javier Mascherano kemungkinan bakal diduetkan dengan Adriano sebagai centreback.

Messi terbukti masih bisa diandalkan untuk keluar dari situasi sulit, namun kebobolan empat gol pada akhir pekan lalu adalah pertanda rawannya lini belakang. Dengan demikian, Vilanova harus cepat merespon lobang di pertahanannya tersebut.

Pemain muda Martin Montoya disiapkan untuk mengisi lini pertahanan dibantu dengan Adriano, Mascherano, dan Jordi Alba. Solid tidaknya pertahanan Barca akan sangat bergantung kepada empat pemain tersebut.

Di lini tengah Barca kehilangan salah satu kekuatan utamanya, Sergio Busquets, yang harus menjalani hukuman dua pertandingan akibat kartu merah. Dengan demikian, Alex Song berpeluang menjadi starter di posisi gelandang bertahan.

Sementara Xavi Hernandez, Andres Iniesta, ataupun Cesc Fabregas masih berada dalam kondisi fit untuk menghidupkan kembali permainan tiki-taka Barca. Serangan Tim Catalan akan makin hidup dengan keberadaan David Villa yang sudah mulai turn in setelah sembuh dari cedera. Pastinya Messi akan jadi penabuh gong dalam irama permainan tim Catalan.

Namun demikian Barca tak boleh terlalu jumawa, Celtic juga tengah hangat-hangatnya untuk tampil di kompetisi Eropa. Pada laga terakhir Liga Champions di matchday kedua lalu, The Boys meraih kemenangan bersejarah atas Spartak Moscow dalam laga away.

Pelatih Celtic, Neil Lennon, juga sangat serius mempersiapkan pertandingan ini. Lennon bahkan telah mempelajari Barca dengan detail. Dia datang menyaksikan laga Barca kontra Deportivo La Coruna di laga terakhir La Liga.

"Sebenarnya Anda bisa saja mengetahui kekuatan lawan lewat layar televisi. Tapi pastinya akan berbeda ketika Anda datang sendiri menyaksikan pertandingan. Mereka adalah tim yang sangat luar biasa," kata Lennon dilansir Reuters.

Lennon paham betul tugas yang harus dia lakukan tidaklah mudah. Namun, eks pemain Celtic ini yakin timnya mampu mencegah Barca meraih kemenangan ketiga di Grup H.

"Saya tidak berkata kami akan pergi ke sana dan dihancurkan. Kami akan mencoba mendapatkan sesuatu, namun kami tahu bagaimana kesulitannya. Mereka bisa menekan Anda untuk waktu lama namun saya tetap ingin kami untuk bisa menyerang dan membuat sejumlah kesempatan," ujarnya.

Apa yang dikatakan Lennon bukan isapan jempol belaka. Melawat ke Catalan, Celtic memiliki modal bagus. Gary Hooper dkk baru saja menghancurkan St. Mirren di Scottish Premier League dengan skor 5-0. Kemenangan telak tersebut diraih dengan meyakinkan, unggul 4-0 hanya dalam tempo 38 menit.

Lennon tidak bisa memainkan Kris Commons karena cedera hamstring. Mantan pemain Deportivo, Lassad Nehoui, yang tahu baik dengan permainan Barca juga dipastikan absen karena cedera lutut.

Mikael Lustig dan Emilio Izaguirre sudah bisa memulai laga dari bangku cadangan, namun kondisi striker Georgios Samaras masih meragukan setelah membela negaranya di ajang internasional. Saat mengalahkan St Mirren nama Samaras tak masuk starting line up.


Anda sedang membaca artikel tentang

Glasgow Celtic Tak Takut Messi

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2012/10/glasgow-celtic-tak-takut-messi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Glasgow Celtic Tak Takut Messi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Glasgow Celtic Tak Takut Messi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger