Alumnus Unpam Diduga Dalangi Aksi Tolak Nanan

Written By Unknown on Jumat, 19 Oktober 2012 | 12.16

Tribun Kaltim - Jumat, 19 Oktober 2012 11:23 WITA

JAKARTA, tribunkaltim.co.id — Pihak kepolisian sudah mengantongi nama yang diduga mendalangi aksi penolakan terhadap Wakil Kepala Polri Komjen Nanan Sukarna di Universitas Pamulang, Kamis (18/10/2012) kemarin.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Hermawan mengungkapkan, orang yang diduga mendalangi aksi tersebut berinisial YD. Yang bersangkutan sebelumnya diduga pernah menjalani studi di Unpam.

"YD dinyatakan oleh pihak kampus sudah bukan mahasiswa. Dia alumnus, diduga merencanakan ini," kata Hermawan, di Mapolsek Pamulang, Tangerang, Banten, Kamis (18/10/2012) malam.

Sementara itu, yang diduga sebagai pemimpin aksi adalah IL. Menurut keterangan pihak Rektorat Unpam, IL merupakan mahasiswa yang telah di-drop out. "Mahasiswa dipimpin orang-orang ini, sepertinya terprovokasi," ujar Hermawan.

Hingga Kamis malam, polisi telah mengamankan sembilan orang, yang beberapa di antaranya adalah mahasiswa Fakultas Hukum Unpam. Dari sembilan orang yang diamankan, satu orang diketahui membawa pisau lipat. Menurut Hermawan, para mahasiswa ini dapat dikenakan Pasal 170 KUHP karena dianggap secara bersama-sama melakukan pengeroyokan, serta mengganggu ketertiban masyarakat dan fasilitas umum.

Seperti diketahui, aksi penolakan atas kehadiran Nanan Sukarna di Kampus Unpam, Kamis (18/10/2012) siang, berakhir bentrok antara mahasiswa dan polisi. Sedianya, Nanan hadir di kampus itu untuk memenuhi undangan sebagai pembicara seminar bertema "Peran Serta Polri dan Tantangan Masa Depan".

Bentrok antara polisi dan mahasiswa terjadi pukul 10.00 WIB. Nanan pun sempat tertahan di dalam kampus. Alasan yang disampaikan para mahasiswa, mereka menolak polisi masuk kampus. Sebab, polisi dianggap mengkriminalisasi mahasiswa pada bentrok yang pernah terjadi di daerah Bima, Cianjur, dan Cirebon.

Akibat peristiwa ini, lima orang polisi terluka dan dua mahasiswa menjalani perawatan di rumah sakit. Sementara itu, seorang mahasiswa bernama Ferry Irawan yang dikabarkan terkena peluru tajam di bagian perutnya belum dapat dipastikan. Menurut Hermawan, aparat kepolisian tidak ada yang menggunakan peluru tajam.

"Kita buktikan dulu, kan ada tindakan operasi. Dokter belum bisa menyimpulkan itu dari peluru," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Alumnus Unpam Diduga Dalangi Aksi Tolak Nanan

Dengan url

http://beritakaltime.blogspot.com/2012/10/alumnus-unpam-diduga-dalangi-aksi-tolak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Alumnus Unpam Diduga Dalangi Aksi Tolak Nanan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Alumnus Unpam Diduga Dalangi Aksi Tolak Nanan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger